AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA POSTMODERN DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum 2013)

MOH. ZAINAL MUHTAR, NIM 11470108 (2015) AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA POSTMODERN DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA POSTMODERN DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum 2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA POSTMODERN DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum 2013))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa kurikulum dan materi PAI kurang dikaitkan dengan persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam diri peserta didik untuk bergerak, berbuat, dan berperilaku secara konkretagamis, berbudi pekerti dan berakhlak mulia dalam kehidupan praksis sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui aktualisasi Pendidikan Agama Islam di era Postmodern; (2) mengetahui aktualisasi Pendidikan Agama Islam di era Postmodern dalam konten buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum 2013; dan (3) mengetahui relevansi Pendidikan Agama Islam di era Postmodern dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dari data kajian pustaka (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tekstualfilosofis. Dalam menganalisis data, digunakan metode deskriptif-analitik, dan pengumpulan datanya dengan dokumentasi. Kemudian, metode analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktualisasi materi Pendidikan Agama Islam dalam pandangan postmodernisme diantaranya: (a) memuat nilainilai spiritual dan religius; (b) berbasis kealaman, sosial dan humaniora; (c) materi yang tidak hanya berihtisar masalah fiqhiyah, melainkan juga yang menambah semangat ijtihad atau etos kerja dan kemenangan individu; (d) materi yang mampu menumbuhkan pola fikir dan pola sikap yang pluralis; (e) berbasis etika moral dan toleransi; (f) menumbuhkan semangat pluralis, optimis, relativis dan rasionalis; (g) berbasis sosial budaya dan budaya lokal; (h) berbasis teologi kalam yang inklusif-pluralistik; (i) pengembangan pendidikan agama secara inklusifmultikultural; (j) materi agama yang disajikan melalui perpaduan berbagai bidang keilmuan; psikologis, sosiologis, bahkan medis, atau mengintegrasikan keilmuan antara agama-umum; (k) materi agama yang berwawasan global; dan (l) berproyeksi pada masa depan (social reproduction); (2) Relevansi paradigma postmodernisme dengan tujuan pendidikan Islam, menjadikan konsep pendidikan Islam tidak hanya dominan terhadap nuansa normatif, melainkan mengaktualisasi dalam diskursif empiris dan kontekstual; (3) Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, dengan pembelajaran saintifik, dan dengan konten yang merepresentasikan pemikiran postmodernisme, maka, secara kontinu akan mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang good moslem, good people, dan good citizen in globalization era. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Postmodernisme, Tujuan Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Postmodernisme, Tujuan Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2015 14:05
Last Modified: 15 Jun 2015 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum