PERMAINAN PERAN SEBAGAI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK PADA ANAK (STUDI LAPANGAN DI TK AN-NUUR, KRAPYAK, TRIHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA)

DESI NURFAUZIAH, NIM. 11220047 (2015) PERMAINAN PERAN SEBAGAI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK PADA ANAK (STUDI LAPANGAN DI TK AN-NUUR, KRAPYAK, TRIHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERMAINAN PERAN SEBAGAI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK PADA ANAK (STUDI LAPANGAN DI TK AN-NUUR, KRAPYAK, TRIHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11220047_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERMAINAN PERAN SEBAGAI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK PADA ANAK (STUDI LAPANGAN DI TK AN-NUUR, KRAPYAK, TRIHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11220047_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DESI NURFAUZIAH, Permainan Peran Sebagai Pengembangan Keterampilan Motorik Pada Anak (Studi Lapangan di TK An-Nuur, Krapyak, Triharjo, Mlati, Sleman, Yogyakarta), Skripsi, Yogyakarta : Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya pengembangan keterampilan motorik anak yang ditimbulkan dari permainan peran. Penelitian ini berfokus pada keterampilan-keterampilan motorik yang ditimbulkan dari bermain peran pada anak usia taman kanak-kanak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif studi lapangan, yaitu mengumpulkan dan menyusun data kemudian mendeskripsikan data tersebut. Penelitian dilaksanakan menggunakan berbagai metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi terhadap pelaksanaan permainan peran yang mengembangkan keterampilan motorik pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan permainan peran sebagai pengembangan keterampilan motorik pada anak di TK An-Nuur Krapyak Triharjo Sleman Yogyakarta yaitu merupakan permainan dimana anak memerankan tokoh yang ada dalam cerita. Pelaksanaan kegiatan bermain peran dilaksanakan dengan kelompok bermain yang berbeda-beda dengan konsep permainan peran yang diberikan adalah konsep bermain peran mikro, bermain peran mikro, dan permainan evaluasi. Disamping itu, permainan peran juga dapat mengembangkan keterampilan motorik pada anak, yaitu keterampilan motorik halus dan motorik kasar. Adapun langkah-langkah pelaksanaan permainan peran yaitu meliputi: penjelasan tema cerita yang akan dimainkan, pembagian tokoh yang akan dimainkan anak, pelaksanaan permainan peran, dan evaluasi yang dilaksanakan dengan cara pengamatan dan tanya jawab. Adapun hasil perkembangan keterampilan motorik anak yang meliputi motorik kasar dan motorik halus bisa dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh pihak TK An- Nuur. Evaluasi dilaksanakan dengan melakukan observasi secara terus menerus dan Tanya jawab. Kemudian hasil dari evaluasi tersebut dicatat dalam laporan perkembangan atau daftar penilaian kemampuan akan yang berupa portofolio, progress report, dan juga raport.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SLAMET, S.Ag,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Permainan Peran, dan Keterampilan Motorik Anak.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jun 2015 08:45
Last Modified: 16 Jun 2015 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum