HADIS-HADIS MUKHTALIF DALAM PERSPEKTIF YUSUF AL-QARDAWI (TELAAH KITAB KAYFA NATA’AMAL MA’A AL-SUNNAH AL-NABAWIYYAH)

SURYADI, - (2001) HADIS-HADIS MUKHTALIF DALAM PERSPEKTIF YUSUF AL-QARDAWI (TELAAH KITAB KAYFA NATA’AMAL MA’A AL-SUNNAH AL-NABAWIYYAH). JURNAL STUDI ILMU-ILMU AL-QURAN DAN HADIS, 2 (1). ISSN 1411-6855

[img]
Preview
Text (HADIS-HADIS MUKHTALIF DALAM PERSPEKTIF YUSUF AL-QARDAWI (TELAAH KITAB KAYFA NATA’AMAL MA’A AL-SUNNAH AL-NABAWIYYAH))
6. Suryadi.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Mukhtalif al-Hadis| merupakan salah satu cabang ‘Ulum al-Hadis| yang terkait langsung dengan kajian matan. Ilmu ini mengkaji hadis-hadis yang secara tekstual saling bertentangan sehingga perlu dicari solusinya. Dalam hal ini para ulama hadis berbeda pendapat tentang solusi metode yang digunakan. Tulisan ini mencoba mengangkat metode yang diformulasikan Yusuf al-Qardawi seorang ulama Mesir kontemporer terhadap hadis-hadis mukhtalif, khususnya dalam kitab Kayfa Nata’amal ma’a al-Sunnah al-Nabawiyyah. Menurut Yusuf al-Qardawi ada dua metode dalam menyelesaikan hadis-hadis mukhtalif, yaitu: pertama, al-jam’ (pengabungan dan pengkompromian). Kedua, nasikh wa al-mansukh dan tarjih. Namun, demikian Yusuf al-Qardawi lebih contonmg kepada al-jam’ sebagai metode yang diprioritaskan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: HADIS MUKHTALIF
Subjects: Hadis
Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Quran dan Hadis
Divisions: Jurnal > 30. Studi Ilmu-ilmu Al-Quran dan Hadis
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2015 10:20
Last Modified: 12 Oct 2016 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum