SEGMENTASI PENDENGAR PADA RADIO (Studi Pada Radio Channel 5 100.9 FM Good Times and Great Memories)

NOUR MUHAMMAD ZUHRI NIM. 01210550, (2008) SEGMENTASI PENDENGAR PADA RADIO (Studi Pada Radio Channel 5 100.9 FM Good Times and Great Memories). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan zaman, masyarakat membutuhkan informasi secara cepat akurat tentang perkembangan terakhir situasi segala aspek kehidupan. Salah satu media yang cukup efektif dalam rangka penyebaran informasi yang dapat menyentuh segenap lapisan masyarakat adalah radio. Radio merupakan salah satu media komunikasi massa, semua media massa mempunyai fungsi yang sama sebagai alat memberi informasi, artinya: Melalui isinya orang dapat mengetahui, memahami sesuatu. Sebagai alat yang mendidik artinya: Melalui isinya dapat meningkatkan pengetahuan dan moral seseorang. Sebagai alat penghibur artinya: Melalui isinya seseorang dapat terhibur, menyenangkan hati, memenuhi hobbi dan mengisi waktu luang. Radio menjadi media yang abadi. Kehadiranya menjadi pionir alat komunikasi masyarakat. Sempat diragukan dengan kehadiran televisi dan internet, radio justru tidak terusik. Fleksibilitas yang dimilikinya menjadi kunci dan tidak bisa disaingi oleh media dalam bentuk berbeda. Radio menjadi sangat fleksibel bagi penikmatnya. Karena itulah, media ini menjadi pilihan utama dalam berbagai kesempatan. Bisnis radio pun menggeliat, terutama setelah kran frekuensi terbuka lebar. Segmentasi pun kemudian dipatok dengan ketat. Kita bisa memilih radio menurut usia; mulai radio anak – anak, radio mahasiswa, radio pekerja muda, radio dewasa, hingga radio paruh baya. Segmentasi itu masih dipilih lagi dengan spesifikasi, seperti anak muda yang suka hura – hura dan anak muda yang lebih senang diskusi. Persaingan radio yang makin ketat menuntut para pengelolanya harus pandai mencari celah agar dapat bertahan hidup. Beberapa radio yang semula bersifat umum dapat mengalihkan segmentasi pasarnya secara khusus. Begitu pula stasiun – stasiun yang hadir belakangan lahir dengan bendera segmentasi tertentu. Bagitu banyak stasiun radio siaran, dengan aneka acara siaranya masing – masing berlomba – lomba untuk memikat perhatian pendengar, yang tidak memenuhi selera pendengar akan sia – sia. Khalayak hanya akan memperhatikan acara yang menarik dan bermanfaat bagi dirinya. Meningkatnya media seperti televisi, internet dan lainya tidaklah lantas membuat stasiun radio (siaran) tidak populer. Kini banyak bermuculan stasiun baru. Radio biasanya menentukan segmen secara jelas. Penentuan format yang mempunyai konsekuensi pada pilihan isi sepanjang waktu siaran, agar teridentifikasi pada segmen yang dituju menjadi suatu hal yang penting. Siapa target audiensnya, bagaimana strukturnya, mengapa yang dipilih mereka, dan apa yang menjadi kekuasaan mereka. Radio Channel 5 100.9 FM Good Times and Great Memories. Adalah salah satu radio yang memposisikan dirinya sebagai radio memories. Hal inilah yang menjadi ketertarikan penulis, untuk mengetahui penetapan dan penataan segmen pendengar Radio Channel 5 100.9 FM Good Times and Great Memories

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H.M. Kholili. M. Si,
Uncontrolled Keywords: Pendengang Radio
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum