ARIO - NIM 11470058 GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WAHANA UNTUK MENANAMKAN SIKAP KREATIF SISWA MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA

ARIO, NIM 11470058 (2015) ARIO - NIM 11470058 GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WAHANA UNTUK MENANAMKAN SIKAP KREATIF SISWA MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WAHANA UNTUK MENANAMKAN SIKAP KREATIF SISWA MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WAHANA UNTUK MENANAMKAN SIKAP KREATIF SISWA MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan dan proses penanaman Sikap Kreatif melalui Pendidikan Kepramukaan terhadap siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Gerakan Pramuka dalam menanamkan Sikap Kreatif siswa MAN Gandekan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengambil lokasi di MAN Gandekan Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan di MAN Gandekan Bantul Yogyakarta sesuai dengan program yang sudah di tentukan baik program jangka pendek dan program jangka panjang. Program jangka pendek merupakan kegiatan rutin Pendidikan Kepramukaan yang diadakan seminggu sekali yaitu pada hari sabtu. Sedangkan program jangka panjang yaitu program yang hanya dilaksanakan satu tahun sekali seperti perkemahan akhir tahun. 2) Gerakan Pramuka di MAN Gandekan Bantul Yogyakarta ternyata mampu menanamkan Sikap Kreatif siswa melalui Pendidikan Kepramukaan dengan beberapa cara atau kegiatan, di antaranya memberikan materi-materi tentang Kepramukaan dengan menggunakan metode belajar sambil melakukan, jelajah malam (refleksi akhir tahun), pelantikan Pengurus Dewan Ambalan (DA), Pengukuhan Tamu Dewan Ambalan dan mengirim utusan ke luar sekolah ketika ada acara-acara tentang kepramukaan. 3) Faktor pendukung Gerakan Pramuka dalam menanamkan Sikap Kreatif siswa MAN Gandekan Bantul Yogyakarta diantaranya adalah Adanya kerja sama dan partisipasi yang baik antara Pembina Pramuka dengan pihak terkait,seperti kepala sekolah, dewan guru serta pengurus Dewan Ambalan serta siswa MAN Gandekan Bantul Yogyakarta. Sedangkan penghambatnya adalah Gerakan Pramuka di MAN Gandekan Bantul Yogyakarta Belum mempunyai ruangan atau kantor gugus depan sendiri, karena belum ada ruangan yang bisa digunakan. Kata Kunci : Pendidikan Kepramukaan, Gerakan Pramuka, Kreativitas, Sikap Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur SS, M.Si, MM
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan, Gerakan Pramuka, Kreativitas, Sikap Kreatif
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2015 08:35
Last Modified: 14 Jul 2015 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum