IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 KELAS VII DI SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

DEWI PURWITASARI, NIM 11470147 (2015) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 KELAS VII DI SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 KELAS VII DI SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 KELAS VII DI SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa SMP Negeri 1 Piyungan merupakan salah satu sekolah menengah pertama di kabupaten Bantul Yogyakarta yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan uji coba kurikulum 2013 (pilot project) termasuk Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 1 Piyungan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi sumber. Analisis dilakukan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, serta bahan-bahan lain. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik yakni dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesamaan antara teori dengan kenyataan yang ada di lapangan yaitu: (1) Proses penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di mulai dengan tahap perencanaan yaitu pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan menyiapkan Instrumen Penilaian. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan penilaian hasil belajar, pengolahan dan pelaporan hasil belajar, dan pemanfaatan penilaian hasil belajar. (2) Hasil penilaian dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII di SMP Negeri 1 Piyungan sudah sesuai dengan penilaian autentik kurikulum 2013. Nilai yang dicapai siswa dengan penilaian autentik sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu dalam ranah Sikap nilai KKM sebesar 80, ranah Pengetahuan sebesar 78 dan ranah Keterampilan sebesar 78. (3) Dari proses sampai dengan hasil implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 kelas VII di SMP N 1 Piyungan tidak terlepas dari beberapa problem diantaranya banyaknya jenis penilaian, kesulitan dalam menyusun nilai raport, keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman penilaian autentik terhadap pegawai TU. Akan tetapi secara perlahan-lahan problem tersebut bisa diminimalisir oleh pihak sekolah. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2015 10:37
Last Modified: 14 Jul 2015 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum