NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENANAMAN JIWA GEMAR MEMBACA (Studi Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab Dalam Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5)

FAZA AMALINA, NIM 11470127 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENANAMAN JIWA GEMAR MEMBACA (Studi Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab Dalam Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAZA AMALINA NIM 11470127 NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENANAMAN JIWA GEMAR MEMBACA (Studi Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab Dalam Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENANAMAN JIWA GEMAR MEMBACA (Studi Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab Dalam Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 ))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada realita kehidupan sekarang ini masih sedikit orang yang memiliki kesadaran akan pentingnya membaca. Kemajuan tekhnologi yang semakin pesat agaknya menjadi salah satu faktor kurangnya minat baca dikalangan masyarakat. Kebanyakan masyarakat kita lebih memilih untuk mencari informasi dan pengetahuan secara mudah dan instan melalui media elektronik dan internet. Hal ini dikarenakan, pandangan masyarakat yang masih sempit yang menganggap bahwa membaca adalah pekerjaan yang membosankan dan kurang praktis karena membutuhkan waktu yang lama serta berpikir lebih dalam untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Umat Islam sendiri termasuk demikian. Padahal apabila ditilik kembali, sejak awal Allah SWT telah menurunkan wahyu pertama yakni surat Al-‘Alaq ayat 1-5 yang isinya adalah perintah untuk membaca. Hal ini agaknya merupakan hal yang kurang diperhatikan dan dihayati betul oleh umat Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (Library Research) dan menggunakan pendekatan hermeneutik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode content analisis dan analisis semiotik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai-nilai pendidikan dalam Surat Al- ‘Alaq ayat 1-5. Nilai-nilai tersebut adalah: nilai tauhid dan kesungguhan membaca. Relevansi nilai-nilai pendidikan tersebut terhadap penanaman jiwa gemar membaca yaitu bahwa membaca hendaknya selalu dikaitkan dengan menyebut nama Allah SWT karena akan mengantarkan pelakunya untuk tidak melakukannya kecuali karena Allah SWT. dan hal ini akan menghasilkan keabadian karena hanya Allah Yang Kekal Abadi dan hanya aktivitas yang dilakukan secara ikhlas yang akan diterimaNya. Membaca juga hendaknya dilakukan berulang-ulang sesuai dengan perintah yang diulang sebanyak dua kali. Hal ini mengisyaratkan bahwa Islam sejak awal telah mengajarkan umat manusia untuk bersungguh-sungguh dalam membaca demi terwujudnya peradaban yang maju dan berkembangnya ilmu pengetahuan. Membaca merupakan wujud ketaatan seseorang atas wahyu yang pertama turun kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan menaati perintah tersebut seseorang akan membaca dan mampu mengetahui dan memahami kekuasaan Allah SWT. dan hal ini akan menyadarkan seseorang tersebut untuk mengakui dan meyakini ketauhidan dan keesaan Allah SWT. Kata kunci: Nilai Pendidikan, Perintah Membaca, Penanaman Jiwa Gemar membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sibawaihi, M.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Perintah Membaca, Penanaman Jiwa Gemar membaca
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 07:36
Last Modified: 23 Jul 2015 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum