PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI BIMBINGAN KARIR SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA

KARTIKA DWI ASTUTI, NIM. 11470046 (2015) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI BIMBINGAN KARIR SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI BIMBINGAN KARIR SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI BIMBINGAN KARIR SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan minat, bakat, potensi anak-anak tunanetra dalam mewujudkan kehidupan yang mandiri sesuai dengan cita-cita mereka. Maka dibutuhkan peran dari pihak sekolah yang menangani bimbingan dalam hal karir para peserta didiknya, yaitu peran dari guru BK. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang sejauh mana peran guru BK di MTs Yaketunis dalam menangani bimbingan karir para tunanetra yang menjadi peserta didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi subyek penelitian adalah guru BK, semua siswa yang berjumlah 14 anak, dan kepala madrasah. Sedangkan obyek penelitian ini adalah bagaimana peran dari guru BK serta informasi, strategi, dan program apa saja yang berikan dalam bimbingan karir kepada siswa tunanetra. Analisis data dilakukan untuk memberikan interpretasi secukupnya terhadap data yang telah dikumpulkan dan disusun untuk menjawab rumusan masalah sebagai kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Peran guru BK dalam memberikan bimbingan karir kepada peserta didik MTs Yaketunis adalah dengan: (a) Membimbing dan mengarahkan para siswannya untuk bisa mengenali dirinya sendiri, terkait minat dan potensi apa yang dimiliki para siswa tersebut. (b) Memberikan informasi dan arahan tentang berbagai profesi serta jurusan yang sesuai dengan minat mereka. (c) Memberikan motivasi secara terus menerus juga sangat diperlukan untuk menjaga semangat para siswa, hingga akhirnya mereka mampu merancang dan mewujudkan masa depannya sendiri. (2) Program bimbingan karir yang diberikan kepada siswa pun bertujuan membantu siswa merencanakan masa depannya. (3) Ketrampilan komputer bicara, memasak, membuat karya tangan, pijat dan keikutsertaan dalam lomba menjadi kegiatan pendukung dari bimbingan karir. (4) Hasil dari bimbingan karir yang diberikan bisa dilihat dari siswa-siswi MTs Yaketunis yang dapat merencanakan masa depannya, serta para alumni yang sudah berhasil mewujudkan rancangan dari karirnya dahulu. Kata Kunci : Guru BK, Bimbingan Karir, Siswa Tunanetra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Bimbingan Karir, Siswa Tunanetra
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 07:53
Last Modified: 23 Jul 2015 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum