STRATEGI BRANDING YAYASAN PESANTREN ISLAM (YPI) AL-AZHAR YOGYAKARTA

KHOIRUMAN SYAH, NIM 11470143 (2015) STRATEGI BRANDING YAYASAN PESANTREN ISLAM (YPI) AL-AZHAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BRANDING YAYASAN PESANTREN ISLAM (YPI) AL-AZHAR YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BRANDING YAYASAN PESANTREN ISLAM (YPI) AL-AZHAR YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena branding merupakan hal yang sangat penting dan signifikan dalam membangun kepercayaan masyarakat. Dengan terciptanya brand yang baik maka yayasan akan semakin mudah dalam menjalankan sistem marketingya dan mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target yang diinginkanya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui langkah-langkah atau strategi yang ditempuh YPI Al-Azhar Yogyakarta dalam membangun brand di tengah hiruk-pikuk persaingan dunia pendidikan, dan 2) untuk mengetahui hal-hal apa saja yang membedakan YPI Al-Azhar Yogyakarta dengan lembaga pendidikan yang lainya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tiga cara, yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif Miles dan Huberman, yaitu mencakup reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah Kantor Pusat YPI Al-Azhar Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan Lingkar Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Branding yang ingin dikembangkan oleh YPI Al-Azhar Yogyakarta adalah sekolah yang unggul di bidang ilmu sains dan ilmu agama, yang tidak hanya mengajarkan iptek tetapi juga imtak sehingga mampu membentuk generasi muda yang berilmu tinggi dan berakhlak baik, 2) YPI Al-Azhar mengembangkan branding tersebut karena pihak yayasan menekankan pada pembangunan kualitas pendidikan di Sekolah Al-Azhar agar terus berada pada level atas dengan menetapkan target-target yang harus diupayakan untuk dicapai. Selain itu, alasan lain pengembangan branding tersebut adalah agar Sekolah Al-Azhar identik dengan sekolah yang berkualitas terbaik yang akan membekali peserta didik dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat, baik ilmu sains maupun ilmu agama, sehingga bisa mengantarkan peserta didik menjemput masa depan yang gemilang, dan 3) Strategi branding yang ditempuh YPI Al-Azhar Yogyakarta adalah pengembangan kurikulum khusus YPI dengan berkiblat pada Sistem Pendidikan Al-Azhar di Mesir dan rajin mengikutkan siswa-siswa untuk mengikuti lomba-lomba nasional untuk meningkatkan rating sekolah. Kata kunci: Branding, House Of Quality.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Muhammad Qowim, M.Ag 2. Dr. Imam Machali
Uncontrolled Keywords: Branding, House Of Quality
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 07:59
Last Modified: 23 Jul 2015 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum