KAJIAN PEMBUATAN EDIBLE FILM TAPIOKA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) PADA BUAH TOMAT

SYAFIANA KHUSNA AINI, NIM. 11630036 (2015) KAJIAN PEMBUATAN EDIBLE FILM TAPIOKA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) PADA BUAH TOMAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN PEMBUATAN EDIBLE FILM TAPIOKA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) PADA BUAH TOMAT)
11630036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN PEMBUATAN EDIBLE FILM TAPIOKA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) PADA BUAH TOMAT)
11630036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sintesis, karakterisasi dan aplikasi edible film yang digunakan sebagai bioindikator telah dilakukan. Edible film dibuat dari pati singkong, gliserol dan penambahan ekstrak rosella (Hibiscus Sabdariffa L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak rosella terhadap perubahan pH yang terjadi pada buah tomat. Dalam penelitian ini terdapat lima tahapan utama yaitu ekstraksi kelopak bunga rosella, pembuatan edible film pati-gliserol, pembuatan edible film pati-gliserol rosella, karakterisasi edible film dan Aplikasi edible film terhadap buah tomat. Penentuan variasi komposisi optimal pati dan gliserol dilakukan untuk menghasilkan edible film yang lebih baik untuk selanjutnya divariasikan dengan ekstrak rosella. Edible film dengan nilai elongation sebesar 22,96% dan nilai WVTR sebesar 2,83 g/m2jam diperoleh dari komposisi pati sebanyak 3 gram dan gliserol sebanyak 1,5 mL. Variasi komposisi optimal yang dihasilkan digunakan untuk pembuatan edible film dengan variasi ekstrak rosella sebesar 0,25%, 0,5% dan 0,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan ekstrak rosella edible film mengalami perubahan warna seiring dengan berubahnya pH. Perubahan pH berkisar antara 1-12, dari warna merah sampai dengan warna hijau. Perubahan warna yang paling baik terjadi pada edible film rosella dengan konsentrasi sebesar 0,5%. Uji tektur dan warna menunjukkan bahwa edible film rosella yang dilapiskan pada buah tomat dapat mencegah pembusukan berdasarkan nilai tekstur yang didapatkan yaitu sebesar 1,92 N dan 0,48 N dan dapat menekan pemudaran warna serta mencegah warna kromatik merah-hijau dan warna kromatik kuning-biru pada buah tomat berdasarkan hasil uji warna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Edible film, pati, gliserol, esktrak rosella, sifat mekanik dan bioindikator.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2015 10:17
Last Modified: 23 Jul 2015 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum