EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS SMA KELAS XI

ESTRI TRIMAYANTI, NIM. 11690014 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS SMA KELAS XI)
11690014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS SMA KELAS XI)
11690014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 7E dengan konten integrasi-interkoneksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa model learning cycle 7E dengan konten integrasi-interkoneksi serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga ditetapkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan instrumen pengumpulan data berupa soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Normalized Gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 7E dengan konten integrasi-interkoneksi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi fluida statis. Kriteria keefektifan mengacu pada 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 60 dan hasil N-gain yang signifikan. Berdasarkan skor posttest, 77,78% siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar sama dengan 60 dan hasil uji effect size sebesar 1,407 (perbedaan peningkatan sangat signifikan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model learning cycle 7E, integrasi-interkoneksi, kemampuan berpikir tingkat tinggi, fluida statis.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2015 11:47
Last Modified: 23 Jul 2015 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum