PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA

NURUL MUFIDAH, NIM. 11470052 (2015) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi MBS di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan (field research) yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Pnelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Data yang seudah terkumpul kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa peran kepala sekolah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta ternyata mampu untuk mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah dengan tugas manajerialnya dan perannya sebagai manajer. (1) Dalam mewujudkan peranannya sebagai manajer, kepala sekolah menerapkan proses manajerialnya dan melaksanakan tugasnya sebagai manajer dalam mengelola dan membina organisasinya untuk mencapai tujuan. Diantaranya dengan: (a) Membuat Perencanaan; dalam perencanaan Bapak Ahmad Musyadad, S.Pd.I.MSI. sebagai kepala sekolah MIN Jejeran Bantul Yogyakarta melakukan penataan manajemen dengan membuat visi, misi, dan tujuan madrasah kemudian membentuk team untuk menyusun Standard Operating Prosedure (SOP), membuat Rencana Kerja Madrasah, dan juga membuat Rencana Strategis untuk progam rintisan Madrasah Unggul. (b) Melakukan Pengorganisasian; kepala sekolah membuat struktur organisasi dan membuat pembagian tugas guru dan staf sesuai dengan kompetensi dan basis ijazah yang dimiliki. Untuk memenuhi kelancaran kerja di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta, kepala sekolah menambah tenaga-tenaga kerja seperti tenaga Tata Uasaha (TU), bendahara, pustakawan, penjaga sekolah, teknisi komputer, pembimbing ekstra kurikuler tertentu, dan pengelola UKS. (c) Memimpin/ Menggerakkan; Kepala sekolah berusaha memadukan semua unsur baik siswa, guru, dan orang tua/ wali siswa yang bekerjasama dalam menciptakan komunitas yang lebih baik melalui pendidikan yang berkualitas, serta bertanggung jawab dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.(d) Kemampuan Pengawasan; Kepala sekolah dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pengawas bekerjasama dengan berbagai pihak. Kepala sekolah selalu memberikan evaluasi dan arahannya kepada seluruh guru dan stafnya dalam rapat rutin di setiap hari rabu/ kamis dalam seminggu setelah jam pembelajaran berakhir. Kata Kunci :Kepala Sekolah, Manajer, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Manajer, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 14:15
Last Modified: 23 Jul 2015 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum