PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VIII DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

VIRANDY PUTRA, NIM. 11690027 (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VIII DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VIII DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
11690027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VIII DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
11690027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan alat peraga tabung resonansi bunyi dan rekaman materi sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (2) Mengetahui kualitas alat peraga tabung resonansi bunyi dan rekaman materi sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (3) Mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan alat peraga tabung resonansi bunyi serta rekaman materi sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur pengembangan model 4-D yang melibatkan 4 langkah utama yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Devolop pada bagian Quantitative testing (uji coba luas). Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon siswa. Penilaian kualitas produk menggunakan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Respon siswa menggunakan skala Guttman berupa pernyataan Ya dan Tidak. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan deskriptif kegiatan praktikum. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dikembangkan alat peraga tabung resonansi bunyi dan rekaman materi sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (2) Kualitas alat peraga tabung resonansi bunyi pada aspek isi (konten), teknis dan kontruksi dinilai sangat baik oleh ahli materi, ahli media dan guru IPA. Kualitas rekaman materi pada aspek isi (konten), kebahasaan, teknis dinilai sangat baik oleh ahli materi, ahli media dan guru IPA.Untuk aspek komunikasi audio pada rekaman materi dinilai baik oleh guru IPA (3) Pada uji coba terbatas persentase keidealan respon siswa terhadap alat peraga dan rekaman materi yaitu 91,5% dan 84%. Pada uji coba luas persentase keidealan respon siswa terhadap alat peraga dan rekaman materi yaitu 100% dan 85%. keterlaksanaan alat peraga secara keseluruhan pada uji terbatas dan uji coba luas sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Alat Peraga, Resonansi Bunyi, Siswa Tunanetra.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2015 14:27
Last Modified: 23 Jul 2015 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum