INDUSTRI GENTENG GODEAN: STUDI STRATEGI MASYARAKAT DUSUN BERJO WETAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PRODUKSI DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL

ITSNA MUFLIHAH, NIM. 11230054 (2015) INDUSTRI GENTENG GODEAN: STUDI STRATEGI MASYARAKAT DUSUN BERJO WETAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PRODUKSI DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INDUSTRI GENTENG GODEAN: STUDI STRATEGI MASYARAKAT DUSUN BERJO WETAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PRODUKSI DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL)
11230054_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INDUSTRI GENTENG GODEAN: STUDI STRATEGI MASYARAKAT DUSUN BERJO WETAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PRODUKSI DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL)
11230054_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah strategi masyarakat Dusun Berjo Wetan dalam mempertahankan eksistensi produksi genteng di tengah persaingan global serta dampak adanya industri genteng Berjo Wetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi masyarakat Dusun Berjo Wetan dalam mempertahankan eksistensi produksi genteng di tengah persaingan global serta dampak yang dirasakan oleh masyarakat Berjo Wetan dengan adanya Industri Genteng. Selanjutnya melakukan kreadibilitas data menggunakan trianggulasi sumber serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Penelitian ini menjabarkan bahwa strategi masyarakat Dusun Berjo Wetan dalam mempertahankan eksistensi produksi di tengah persaingan global meliputi strategi produksi dan strategi pemasaran. Strategi produksi dilakukan dengan mengembangkan modal yang dimiliki dari warisan orangtua, menekan pengeluaran dengan penggunaan modal yang tepat guna dan efisien, mengelola usaha sendiri dan mempekerjakan tenaga keja, memberikan jaminan kepada pekerja agar betah dalam bekerja, mencari bahan baku ditempat lain meskipun letaknya cukup dari usaha produksi, merevitalisasi teknologi yang digunakan. Sedangkan strategi pemasaran yang dilakukan dengan mempertahankan mutu dan kualitas, menyesuaikan minat konsumen, mematok harga tidak terlalu mahal, merintis usaha pemasaran bersama dengan sesama pengrajin, memanfaatkan citra/brand image dalam memasarkan barang. Dampak industri genteng terhadap masyarakat yang ada di Dusun Berjo Wetan adalah Pertama, membuka kesempatan kerja baik masyarakat setempat maupun masyarakat pendatang. Kedua, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari aspek materi maupun non materi. Ketiga, mengolah dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada disekitarnya serta memobilisasi SDM dengan memberikan keterampilan bagi pekerja tentang cara membuat genteng. Keempat, meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Bertahan, Dampak Industri Genteng.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Jul 2015 09:15
Last Modified: 24 Jul 2015 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16325

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum