PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT LOKAL MELALUI KERAJINAN PERAK OLEH KOPERASI PRODUKSI PENGUSAHA PERAK YOGYAKARTA (KP3Y) DI KOTAGEDE, YOGYKARTA

NIMAYAH, NIM. 11230064 (2015) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT LOKAL MELALUI KERAJINAN PERAK OLEH KOPERASI PRODUKSI PENGUSAHA PERAK YOGYAKARTA (KP3Y) DI KOTAGEDE, YOGYKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT LOKAL MELALUI KERAJINAN PERAK OLEH KOPERASI PRODUKSI PENGUSAHA PERAK YOGYAKARTA (KP3Y) DI KOTAGEDE, YOGYKARTA)
11230064_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT LOKAL MELALUI KERAJINAN PERAK OLEH KOPERASI PRODUKSI PENGUSAHA PERAK YOGYAKARTA (KP3Y) DI KOTAGEDE, YOGYKARTA)
11230064_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kerajinan perak adalah kegiatan wirausaha yang didasarkan pada kreatifitas pengrajinnya. Kerajinan perak dapat diolah menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual mahal, seperti dibentuk menjadi cincin, gelang, kalung, dan hiasan lainnya. Usaha kerajinan perak sudah banyak dikenal diberbagai daerah, salah satunya di Kotagede. Usaha kerajinan perak dapat membantu masyarakat dalam melakukan usaha dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Kerajinan perak di Kotagede dapat mempengaruhi terhadap tingkat pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Pendekatan penelitian yang dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini, yakni: 1) Bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui kerajinan perak yang dilakukan oleh Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta (KP3Y) di Kotagede. 2) Bagaiamana dampak pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat lokal melalui kerajinan perak oleh Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta (KP3Y) di Kotagede. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui kerajinan perak yang dilakukan oleh Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta (KP3Y) di Kotagede. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi nonpartisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah strategi yang dilakukan oleh Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta (KP3Y) melalui 4 tahap, yakni 1) melalui pelatihan usaha, tujuan pelatihan ini untuk memeberikan arahan dan memotivasi terhadap anggota KP3Y 2) pendampingan, hal ini berfungsi sebagai pengarah maupun pembimbing, agar kegiatan usaha yang digelutinya berhasil. 3) permodalan, hal ini salah satu faktor penting dalam dunia usaha. 4) pemasaran, adanya pemasaran dapat melahirkan wirausaha sejati, yang saling melengkapi, memperkuat dan memperluas pasar. Dampak adanya usaha kerajinan perak yang dirasakan oleh masyarakat yaitu dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto S.Sos, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal, KP3Y, Kotagede.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Jul 2015 09:29
Last Modified: 24 Jul 2015 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum