METODE CEPAT MENULIS DAN MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA 3-12 TAHUN (STUDI TERHADAP KONSEP DAN IMPLEMENTASI METODE JARI QUR’AN KARYA SEPTI PENI WULANDANI DI SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH SALATIGA)

DIDIN ALI TAKYUDIN, NIM. 09410094 (2015) METODE CEPAT MENULIS DAN MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA 3-12 TAHUN (STUDI TERHADAP KONSEP DAN IMPLEMENTASI METODE JARI QUR’AN KARYA SEPTI PENI WULANDANI DI SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH SALATIGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE CEPAT MENULIS DAN MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA 3-12 TAHUN (STUDI TERHADAP KONSEP DAN IMPLEMENTASI METODE JARI QUR’AN KARYA SEPTI PENI WULANDANI DI SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH SALATIGA))
09410094_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE CEPAT MENULIS DAN MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA 3-12 TAHUN (STUDI TERHADAP KONSEP DAN IMPLEMENTASI METODE JARI QUR’AN KARYA SEPTI PENI WULANDANI DI SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH SALATIGA))
09410094_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DIDIN ALI TAKYUDIN. Metode Cepat Menulis Dan Membaca Al-Qur’an Untuk Anak Usia 3-12 Tahun Studi Terhadap Konsep dan Implementasi Metode Jari Qur’an Karya Septi Peni Wulandani di School of Life Lebah Putih Salatiga. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tabiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah Pandidikan agama khususnya pendidikan Al-Qur’an perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini jauh sebelum usia 7 tahun, dikarenakan pada usia ini anak bisa diajarkan apa pun tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Oleh karena itu pemilihan metode belajar harus di sesuaikan dengan perkembangan usia dan gaya belajar anak. Septi Peni Wulandani menciptakan metode yang tujuannya memudahkan anak dalam mempelajari Al-Qur’an, metode tersebut adalah Jari Qur’an yang dikhususkan untuk anak usia 3-12 tahun. Metode ini digunakan di School of Life Lebah Putih Salatiga. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi serta kekurangan dan kelebihan metode Jari Qur’an terhadap pendidikan Al-Qur’an anak usia 3-12 tahun di School of Life Lebah Putih Salatiga . Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk membantu guru dan orang tua dalam mengajarkan baca tulis Al-Qur’an anak dengan lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian lapangan (feild research) yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan School of Life Lebah Putih Salatiga sebagai studi kasusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Penggunaan metode Jari Qur’an di School Of Life Lebah Putih Salatiga dalam kegiatan Morning Activity dan Gottazone adalah untuk mengembangkan kemampuan anak dalam belajar menuis dan membaca Al-Qur’an untuk anak dengan suasana yang menyenangkan (2) Kelebihan metode Jari Qur’an adalah mudah di terapkan serta sesuai dengan tehapan dan berbagai gaya belajar anak. Kekurangan metode ini tidak bisa di terapkan kepada anak yang mempunyai kebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyadi, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 07:57
Last Modified: 27 Jul 2015 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum