PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN TREMAS DAN PENGARUHNYA BAGI MASYARAKAT TREMAS ARJOSARI PACITAN TAHUN TAHUN 1952 - 1970 M

M. ROMI AHFADH, NIM. 09120031 (2015) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN TREMAS DAN PENGARUHNYA BAGI MASYARAKAT TREMAS ARJOSARI PACITAN TAHUN TAHUN 1952 - 1970 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN TREMAS DAN PENGARUHNYA BAGI MASYARAKAT TREMAS ARJOSARI PACITAN TAHUN TAHUN 1952 - 1970 M)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN TREMAS DAN PENGARUHNYA BAGI MASYARAKAT TREMAS ARJOSARI PACITAN TAHUN TAHUN 1952 - 1970 M)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (935kB)

Abstract

Pondok pesantren pada dasarnya memiliki empat syarat utama, yaitu: kyai, santri atau murid, masjid dan sistem pendidikan. Keberadaan pondok pesantren beserta perangkatnya yang ada adalah sebagai lembaga pendidikan serta lembaga kemasyarakatan yang telah memberikan warna pada daerahnya di mana ia berdiri. Pondok pesantren Tremas didirikan pada tahun 1830 M, oleh KH Abdul Manan, yang berlokasi di Desa Tremas Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Sejak berdirinya pondok pesantren pada tahun 1830 hingga ke pemimpinan KH Habib Dimyathi tahun 1952, banyak membawa dampak sosial keagamaan bagi masyarakat di Desa Tremas Pacitan. Hal inilah yang menjadikan pondok pesantren Tremas sebagai sentral perkembangan agama Islam di kawasan Pacitan. Akan tetapi penulis membatasi penelitian ini mulai tahun 1952-1970 M. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi tentang perubahan sosial. Perubahan sosial adalah sebuah proses perubahan yang mencangkup berbagai fenomena sosial di setiap kehidupan masyarakat. Berkaitan dengan perubahan sosial peneliti menggunakan teori fungsional. Teori ini memandang masyarakat sebagai suatu lembaga sosial yang berada dalam keseimbangan yang berpolakan kegiatan manusia berdasarkan norma-norma yang dianut bersama serta sah dan tidak mengikat peran serta manusia itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian sejarah menguji dan menganalisis data-data peninggalan dan peristiwa masa lampau melalui empat tahap, yaitu heruistik, kritik, interpretasi, dan historiografi, dengan menempatkan sejarah sebagai ilmu utamadi bantu dengan ilmu sosial lainnya. Teknik penelitian dilakukan dengan melalui studi kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdirinya pondok pesantren Tremas sebagai lembaga yang berdiri dan berada di tengah-tengah masyarakat telah memberikan manfaat dalam kehidupan keagamaan, baik dalam tingkatan bawah sampai pada tingkatan yang umum. Hal ini dapat dilihat dalam perkembangannya tahun 1952 hingga tahun 1970. Pondok pesantren Tremas di bawah pimpinan KH Habib Dimyathi dan di bantu oleh adik beliau yaitu KH Haris Dimyathi dan KH Hasyim Ihsan, telah terbukti sebagai lembaga pendidikan Islam yang telah dijalankan. Sebagai wujud pemberdayaan kehidupan keagamaan di pondok pesantren Tremas dan sekitarnya, pondok pesantren Tremas mewujudkannya dengan mengadakan berbagai kegiatan pengajian di masyarakat. Berbagai kegiatan tersebut merupakan sebagai wujud tanggung jawab moral pondok pesantren Tremas pada kehidupan keagamaan di masyarakat sekitarnya. Kegiatan-kegiatan tersebut selain sebagai wadah untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dan keimanan masyarakat juga di jadikan sebagai media silaturahmi pondok pesantren Tremas dengan masyarakat Desa Tremas, Arjosari, Pacitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sujadi M. A.
Uncontrolled Keywords: PERSANTREN - PERKEMBANGAN
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Jul 2015 07:57
Last Modified: 27 Jul 2015 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum