PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP 3 KALASAN

PERI AGUSTI, NIM. 11411016 (2015) PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP 3 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP 3 KALASAN)
11411016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP 3 KALASAN)
11411016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PERI AGUSTI. Peran Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa dan Dampaknya terhadap Peningkatan Perilaku Keagamaan Siswa SMP Negeri 3 Kalasan, Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah masa-masa tingkat SMP siswa sering kali terjerumas pada pergaulan bebas, melakukan sifat tercela, dan memakai obatobatan terlarang, sehingga tidak punya harapan untuk masa depan lebih baik lagi. SMP Negeri 3 Kalasan dapat mengatasi masalah tersebut terhadap siswanya dalam pembinaan akhlak dengan membiasakan siswa untuk menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), tadarusan, infaq, shalat dhuha, shalat berjama’ah dan shalat jum’at di sekolah. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan melihat dari sisi peran guru PAI dalam membina akhlak siswa dan dampaknya terhadap peningkatan perilaku keagamaan siswa SMP Negeri 3 Kalasan. Adapun rumusan masalah yang diangkat untuk diteliti yaitu: bagaimana pembinaan akhlak siswa SMP Negeri 3 Kalasan dan bagaimana peran guru PAI dalam membina akhlak siswa dan dampaknya terhadap peningkatan perilaku keagamaan siswa SMP Negeri 3 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 3 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mengurangi, mendisplay, dan kemudian menyimpulkan dengan data yang diperoleh. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan analisi data induktif karena ditekankan untuk meneliti kasus-kasus yang diperoleh menjadi teori baru. Proses berfikirnya dilakukan dengan cara menarik kesmipulan diakhir peristiwa dan fakta-fakta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan dalam pembinaan akhlak siswa SMP Negeri 3 Kalasan adalah siswa terbiasa untuk menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), tadarusan, infaq, shalat dhuha, shalat berjama’ah dan shalat jum’at di sekolah. (2) peran guru PAI dalam membina akhlak siswa dan dampaknya terhadap peningkatan perilaku keagamaan siswa SMP Negeri 3 Kalasan adalah guru PAI menjadi sosok sebagai pembimbing bagi anak didiknya, sosok keteladanan bagi anak didiknya dan sosok pengawas bagi anak didiknya, sehingga siswa terdidik dan dapat diperhatikan akhlak sehariharinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran, Pembinaan, Unsur-Unsur Pembinaan, Metode Pembinaan, materi Pembinaan, Media Pembinaan, Perilaku Keagamaan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:11
Last Modified: 27 Jul 2015 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum