PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MENYEGARKAN KEMBALI PEMIKIRAN ISLAM BUNGA RAMPAI SURAT-SURAT TERSIAR KARYA ULIL ABSHAR ABDALLA)

YAHYA EDI RUSWANDI, NIM. 11411005 (2015) PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MENYEGARKAN KEMBALI PEMIKIRAN ISLAM BUNGA RAMPAI SURAT-SURAT TERSIAR KARYA ULIL ABSHAR ABDALLA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MENYEGARKAN KEMBALI PEMIKIRAN ISLAM BUNGA RAMPAI SURAT-SURAT TERSIAR KARYA ULIL ABSHAR ABDALLA))
11411005_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU MENYEGARKAN KEMBALI PEMIKIRAN ISLAM BUNGA RAMPAI SURAT-SURAT TERSIAR KARYA ULIL ABSHAR ABDALLA))
11411005_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

YAHYA EDI RUSWANDI. Konsep Pemikiran Islam Liberal dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Buku Menyegarkan Kembali Pemikiran Islam, Bunga Rampai Surat-Surat Tersiar Karya Ulil Abshar Abdalla). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah ketimpangan didalam beragama dikarenakan terlalu sempitnya mind set umat Islam dalam mentafsikan agama Islam. Seringkali umat Islam mentafsirkan al-Qur’an hanya sebatas tekstual, sehingga doktrin yang terpatri didalam mind set tersebut bersifat stagnan. Hal tersebut disebabkan manusia kurang memahami bahwa manusia diberikan potensi akal oleh Tuhan. Konsep pemikiran liberal Ulil menyuguhkan suatu cara pandang mentafsirkan Islam, dimana Islam seharusnya ditafsirkan secara kontekstual yang sesuai dengan zamannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pemikiran liberal Ulil Abshar Abdalla dalam buku menyegarkan kembali pemikiran Islam, dan bagaimana pemikiran liberal Ulil Abshar Abdalla apabila ditinjau dari perspektif PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil pokok pembahasan konsep pemikiran Islam liberal Ulil yang ditinjau dari perspektif PAI. Sumber data primer difokuskan pada buku Ulil dan buku sejenis sebagai sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, yakni mencari data yang terdapat pada buku, majalah, artikel, karya ilmiah, internet dan sebagainya. Pendekatan penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan pendidikan, yaitu suatu metode pendekatan penelitian yang didasarkan pada perspektif pendidikan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, suatu metode yang digunakan untuk menganalisis dan memberikan interpretasi terhadap data-data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemikiran Islam liberal Ulil merupakan suatu upaya untuk menjadikan Islam sebagai agama yang tidak bertentangan dengan modernitas. Islam diartikan sebagai agama sekaligus peradaban yang universal dan dipahami secara utuh oleh semua umat manusia. Pemikiran liberal Ulil terkait pembebasan pendidikan lebih cenderung mengarah pada konsep ideologi liberalisme pendidikan, dimana liberalisme pendidikan mengutamakan kesetaraan pendidikan, pendidikan pluralis, humanis, dan tidak dogmatis. (2) Perspektif pendidikan agama Islam, lebih melihat pada unsur-unsur liberalisme pendidikan yang dapat diterapkan dalam pendidikan agama Islam, dan sebagai sarana menambah wawasan terkait pembebasan pendidikan. Contohnya: dalam liberalisme pendidikan, unsur tujuan pendidikan, pendidik & peserta didik, kurikulum, metode, dan evaluasi pendidikan merupakan suatu pengalaman personal dalam pendidikan yang bebas untuk dipilih sesuai keinginan pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemikiran Islam liberal, perspektif, dan pendidikan agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:20
Last Modified: 27 Jul 2015 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum