PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

FAJRI RAHMAWATI, NIM. 11410230 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
11410230_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
11410230_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FAJRI RAHMAWATI. Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran di sekolah, khususnya untuk mata pelajaran PAI belum bisa menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Siswa seolah dijejali teori tanpa diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Belum lagi suasana di dalam kelas yang cenderung kaku, monoton, bahkan membosankan membuat siswa tidak fokus dengan pembelajaran yang berlangsung. SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta mempunyai kurikulum kreatif yang dikembangkan untuk menyeimbangkan pengetahuan yang bersifat teori dan praktik, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan pendekatan outdoor. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitu guru PAI memanfaatkan kegiatan sekolah yang berbasis outdoor sebagai metode pembelajaran yaitu field trip dan metode penugasan. Penerapan pembelajaran outdoor memberikan banyak pengalaman pada siswa. Belajar pun menjadi menyenangkan dan bervariasi sehingga siswa tidak bosan. Selain itu dalam pembelajaran ini terdapat faktor pendukung seperti guru yang kreatif, antusias siswa, serta dukungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu persiapan yang cukup lama, kurangnya waktu dalam pelaksanaan, dan kurangnya pengawasan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penerapan, pembelajaran outdoor, PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:29
Last Modified: 27 Jul 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum