IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

NURUL HIDAYAH, NIM. 11410228 (2015) IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
11410228_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
11410228_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nurul Hidayah. 11410228. Implementasi Konsep Tauhid Sosial M. Amien Rais di SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pendidikan agama Islam telah diberikan kepada peserta didik sejak jenjang pendidikan dasar. Namun, kenakalan remaja seperti bulliying, tawuran, pencurian, pemerkosaan, dan penggunaan obat terlarang masih sering mencuat di media massa. Fenomena ini terjadi lantaran akidah yang diajarkan di sekolah hanya menekankan pada kemampuan peserta didik dalam memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar dan kegiatan ibadah diajarkan sebagai kegiatan rutin agama dan kurang ditekankan sebagai proses pembentukan kepribadian. Menurut M. Amien Rais, diperlukan formulasi baru mengenai tauhid. Dengan memberikan pemahaman tauhid yang benar, diharapkan orangorang memiliki dasar akidah yang kuat dan mampu mengaplikasikan ajaran-ajaran tauhid dalam kehidupan nyata yang sebenarnya banyak terdapat nilai-nilai sosial dalam tauhid itu sendiri. Amien menamakannya dengan tauhid sosial. Sebagai seorang cendekiawan yang peduli dengan pendidikan, Amien memiliki lembaga pendidikan dari jenjang PAUD sampai SMA. Salah satu diantaranya, yaitu SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta memiliki visi mewujudkan civitas sekolah yang berlogika kritis, berintelegensia sosial, memiliki nilai-nilai universalisme Islam, dan berkesadaran sebagai warga dunia. Hal-hal tersebut membuat penulis merasa tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi pemikiran Amien mengenai tauhid sosial di SMA yang telah didirikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan metode deskriptif kualitatif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan tauhid sosial menurut M. Amien Rais adalah dimensi sosial dari tauhīdullāh (meng-Esa-kan Allah). Kepercayaan terhadap Allah melahirkan lima paket pengertian yaitu kesatuan ketuhanan, kesatuan penciptaan, kesatuan kemanusiaan, kesatuan tuntunan hidup, dan kesatuan tujuan hidup. Kelima pengertian ini memiliki prinsip religiusitas, kepercayaan, keseimbangan, persaudaraan, toleransi, berpedoman, dan pengabdian. Tujuan dari tauhid sosial adalah untuk mencetak manusia yang utuh, yaitu manusia yang mau berusaha memikul tanggung jawab pribadi dan tanggung jawab sosial secara seimbang, dan untuk menghapuskan kesenjangan yang terjadi di antara manusia sehingga tercipta tatanan hidup yang damai, harmonis dan solid. Implementasi konsep tauhid sosial M. Amien Rais di SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta dapat dilihat dalam perumusan visi dan misi sekolah yang kemudian diwujudkan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan dievaluasi dengan rapat kerja. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang mengusung misi tauhid sosial, diantaranya yaitu magang sosial, pembagian hewan kurban, lembaga zakat, dan flea market.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:32
Last Modified: 27 Jul 2015 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum