IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MADRASAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN

MISS. AISOH BUERAHENG, NIM. 11410206 (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MADRASAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MADRASAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN)
11410206_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (35MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MADRASAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN)
11410206_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)

Abstract

MISS. AISOH BUERAHENG. Implementasi Manajemen Pendidikan Pada Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Thailand Selatan. Skripsi Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Pada madrasah Mulnithi Azizstan di Patani Thailand Selatan. Kemudian hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pengembangan Implementasi manajemen pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Thailand Selatan. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Proses implementasi manajemen pendidikan di madrasah Mulnithi Azizstan terbagi menjadi dua bagian yaitu pengurus bagian yayasan dan pengurus bagian madrasah, yang masing-masing mempunyai tugas yang berbeda seperti (1) Pengurus bagian yayasan terjadi beberapa bagian kecil yaitu kepala madrasah, bagian pegawai kerja, bagian kesiswaan, dan bagian pendidikan bagian agama dan umum. (2) Pengurus bagian madrasah terjadi beberapa bagian kecil yaitu kepala manajer, wakil bagian keuangan, wakil manajer bagian sarana dan prasaran, dan wakil manajer bagian perhubungan dan kemasyarakatan. Walaupun mempunyai tugas yang berbeda tetapi pembagian seperti ini sangat penting dalam proses belajar mengajar di madrasah ini, baik dalam segi pengelolaan siswa, manajemen guru dan pelaksanaan pendidikan. Dalam implementasi manajemen pendidikan di madrasah Mulnithi Azizstan cukup berhasil Hasil-hasil yang telah dicapai oleh madrasah Mulnithi Azizstan cukup mengembirakan. (1) Ada siswa-siswa dapat melanjutkan pendidikan di beberapa pengurusan tinggi pemerintah dan swasta dalam negeri maupun luar negeri. (2) Adanya para alumni menjadi tokoh dalam masyarakat dengan berjabatan sebagai guru, imam, khatib, bilal dan guru TK. Kemudian dalam implementasi manajemen pendidikan terjadi beberapa faktor pendukung dan penghambat. Untuk faktor pendukung yaitu Para guru dengan semangat berkerja tanpa memandang pada gaji yang diberikan oleh madrasah, demi untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan bersama, dan ada bantuan dari pemerintah setiap tahun, sehingga kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar. Dan faktor penghambat yaitu kurang lengkap tenaga pengajar dalam bidang ilmu tersebut, yang mengakibatkan siswa kurang menguasai ilmu tersebut, disamping itu juga masih kurang tenaga manajemen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:27
Last Modified: 27 Jul 2015 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum