NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU LEADERSHIP SECRETS OF GUS DUR-GUS MIEK KARYA M.N. IBAD SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SRI LATIFAH NURDIANI, NIM. 11410203 (2015) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU LEADERSHIP SECRETS OF GUS DUR-GUS MIEK KARYA M.N. IBAD SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU LEADERSHIP SECRETS OF GUS DUR-GUS MIEK KARYA M.N. IBAD SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410203_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU LEADERSHIP SECRETS OF GUS DUR-GUS MIEK KARYA M.N. IBAD SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410203_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)

Abstract

SRI LATIFAH NURDIANI. Nilai-Nilai Kepemimpinan dalam Buku Leadership Secrets of Gus Dur-Gus Miek Karya M.N. Ibad Serta Relevansinya dengan Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan zaman, tuntutan akan kebutuhan sosok teladan seorang pemimpin menjadi sangat penting. Sebagai seorang guru agama, ia dituntut untuk memenuhi kompetensi kepemimpinannya, karena guru agama mempunyai dua peran sekaligus yaitu sebagai guru (pendidik) dan seseorang yang paham agama di dalam masyarakat. Ruang lingkup guru agama yaitu ranah pendidikan dan keagamaan. Buku Leadership Secrets of Gus Dur-Gus Miek berisi tentang kepemimpinan dua tokoh yaitu pemimpin pesantren (pendidikan) sekaligus pemimpin negara dan pemimpin jama’ah ritual keagamaan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang relevansi pola kepemimpinan dalam buku tersebut dengan kompetensi kepemimpinan guru PAI. Permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana pola kepemimpinan dalam buku Leadership Secrets of Gus Dur-Gus Miek karya M.N. Ibad, dan bagaimana relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kepemimpinan dalam buku Leadership Secrets of Gus Dur-Gus Miek karya M.N. Ibad dan relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analysis), yaitu dengan memberikan makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, pola kepemimpinan dalam buku Leadership Secrets of Gus Dur-Gus Miek sebagai pendidik yaitu ajaran tentang keberagaman, menguatkan ikatan emosional, menumbuhkan kasih sayang kepada sesama, menjadi konselor, dan memberi sarana untuk mengembangkan potensi. Sedangkan sebagai seorang pemimpin agama yaitu mendirikan jama’ah sesuai kondisi masyarakat, merangkul kelompok yang belum mengenal agama, mendahulukan kepentingan orang lain, ajaran Islam yang ramah dan damai, dan Al-Qur’an sebagai pokok utama ajaran Islam. Kedua, relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam, yakni: (1) kemampuan membuat perencanaan pembudayaan pengamalan ajaran agama dan perilaku akhlak mulia, (2) kemampuan mengorganisasikan potensi unsur sekolah secara sistematis, (3) kemampuan menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing dan konselor, (4) kemampuan menjaga, mengendalikan dan mengarahkan pembudayaan pengamalan ajaran agama dan menjaga keharmonisan hubungan antar pemeluk agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai Kepemimpinan, Kompetensi Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:28
Last Modified: 27 Jul 2015 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum