STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DAN KH AHMAD DAHLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK

DAIMAH, NIM. 11410201 (2015) STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DAN KH AHMAD DAHLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DAN KH AHMAD DAHLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK)
11410201_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DAN KH AHMAD DAHLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK)
11410201_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DAIMAH. Studi Komparatif Pendidikan Moral Lawrence Kohlberg dan Ahmad Dahlan dan Implikasinya terhadap Pembentukan Perilaku Keagamaan Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa realitasnya bangsa Indonesia mengalami krisis moral yang luar biasa, ditandai maraknya praktek KKN di lembaga pererintah serta banyaknya perilaku amoral di kalangan generasi muda. Hal itu terjadi karena tidak maksimalnya pelaksanaan pendidikan moral di sekolah, sehingga nilai-nilai moral tidak terinternalisasi secara sempurna. Oleh karena itu, perlu adanya revitalisasi pelaksanaan pendidikan moral di sekolah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana implikasi konsep pendidikan moral Lawrence Kohlbeg dan Ahmad Dahlan terhadap pembentukan perilaku keagamaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendidikan moral Lawrence Kohlberg dan Ahmad Dahlan terhadap pembentukan perilaku keagamaan peserta didik di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) karena keseluruhan proses penelitian memanfaatkan berbagai macam pustaka yang relevan terhadap masalah yang diteliti. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi, dimana peneliti menggunakan teori-teori psikologi dalam kajiannya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Studi dokumentasi dilakukan terhadap sumber primer dan sekunder, berupa karya-karya tokoh tersebut dan juga tulisan terkait pemikiran tokoh yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu analisis yang ditujukan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan pemikiran-pemikiran tokoh tersebut. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemikiran Lawrence Kohlberg bersifat secular sedangkan pemikiran Ahmad Dahlan bersifat religious. Konsep pendidikan moral Lawrence Kohlberg dan KH Ahmad Dahlan mempunnyai persamaan dan perbedaan. Persamaan keduanya meliputi 1) konsep tindakan moral, 2) prinsip kemanusiaan dalam pendidikan moral, dan 3) tujuan pendidikan moral. Adapun perbedaan keduanya meliputi 1) sumber moral, 2) tahapan moral, 3) fungsi pendidikan moral, dan 4) penerapan pendidikan moral di sekolah. Pemikiran Lawrence Kohlberg dan Ahmad Dahlan terkait pendidikan moral mempunyai implikasi terhadap perilaku keagamaan peserta didik di sekolah. Lawrence Kohlberg membentuk perilaku keagamaan peserta didik melalui metodologi keteladanan, pengenalan nilai, stimulasi kognitif dan pengembangan empati (alih peran) sebagaimana dalam konsep pendidikan moralnya. KH Ahmad Dahlan membentuk perilaku keagamaan peserta didik melalui pengajaran ilmu dan amal. Nilai-nilai moral diajarkan kepada peserta didik untuk kemudian dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:30
Last Modified: 27 Jul 2015 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum