EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AGUS GUNAWAN, NIM. 11410197 (2015) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11410197_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11410197_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Agus Gunawan. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Discovery Learning Di Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran merupakan suatu proses interaktif. Akan tetapi, realitanya ada sebagian sekolah yang dalam pembelajaran, khususnya Pendidikan Agama Islam kurang terjadi proses interaktif. Model discovery learning merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif, yaitu dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki siswa. Namun, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan pelaksanaan, efektifitas, faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning di kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang efektifitas pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning di kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menganilisis bagaimana efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning di kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Proses pengumpulan data peneliti lakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan cara mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelakasaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model discovery learning di kelas VII A dan VII B dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model discovery learning ini efektif dari proses dan hasil pembelajaran. Dari proses yaitu: a) meningkatnya antusias siswa, b) meningkatnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Sedangkan dari hasil, pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning di kelas VII A dan VII B baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah efektif. Hal tersebut dapat lihat dari nilai rata-rata siswa baik kelas VII A dan VII B yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa memenuhi KKM yang telah di tentukan sekolah yaitu 75. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning diantaranya yaitu: Suasana kelas yang kondusif, sarana dan prasarana yang lengkap, kondisi siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran serta penerapan model strategi yang tepat. Adapun faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning diantaranya: Kondisi kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam kelas membuat guru mengalami kesulitan terutama ketika membentuk kelompok. Alokasi waktu yang kurang tepat dan terbatasnya media yang dimiliki oleh siswa sehingga menghambat guru dalam mengembangkan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:33
Last Modified: 27 Jul 2015 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum