NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN JENDERAL HOEGENG IMAN SANTOSO DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU BIOGRAFI “HOEGENG: OASE DI TENGAH KERINGNYA PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA” KARYA ARIS SANTOSO, DKK)

ANISAH HUMAM, NIM. 11410191 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN JENDERAL HOEGENG IMAN SANTOSO DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU BIOGRAFI “HOEGENG: OASE DI TENGAH KERINGNYA PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA” KARYA ARIS SANTOSO, DKK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN JENDERAL HOEGENG IMAN SANTOSO DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU BIOGRAFI “HOEGENG: OASE DI TENGAH KERINGNYA PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA” KARYA ARI)
11410191_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN JENDERAL HOEGENG IMAN SANTOSO DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU BIOGRAFI “HOEGENG: OASE DI TENGAH KERINGNYA PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA” KARYA ARI)
11410191_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anisah Humam, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kepemimpinan Jenderal Hoegeng Iman Santoso dan Relevansinya dengan Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan alat paling efektif dalam pembentukan akhlak mulia, guru PAI adalah pemimpin bagi peserta didik dalam pembentukan akhlak mulia dan pembudayaan pengamalan ajaran Islam. Fenomena-fenomena tentang krisis profesionalitas guru PAI akhirakhir ini, seperti tindakan asusila dan tindakan kekerasan. Membuktikan perlu adanya pengembangan kompetensi leadership guru PAI melalui pengenalan terhadap karakter tokoh yang dapat diteladani sebagai pemimpin yang berkarakter. Tokoh Jenderal Hoegeng Iman Santoso memiliki karakter mulia yang menjadikannya sosok pemimpin yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan Jenderal Hoegeng Iman Santoso dengan kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah historis, untuk mengungkap kembali kejadian masa lampau berdasarkan urutan waktu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam tokoh kepemimpinan Jenderal Hoegeng Iman Santoso memiliki karakter mulia yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Karakter yang dimiliki Jenderal Hoegeng Iman Santoso diantaranya adalah jujur, terbuka, sederhana, disiplin, kerja keras, kreatif, adil, tegas, rendah hati, ramah, humoris, peduli sosial, cinta musik dan melukis. Pendidikan karakter dalam kepemimpinan Jenderal Hoegeng Iman Santoso memiliki relevansi terhadap kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Jenderal Hoegeng Iman Santoso
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:38
Last Modified: 27 Jul 2015 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum