REAKTUALISASI SENI KARAWITAN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KELOMPOK SENI KARAWITAN MLATHI LARAS DI DUSUN SRAGAN PRANTHI, SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL )

LISA PUSPADEWI, NIM. 11410159 (2015) REAKTUALISASI SENI KARAWITAN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KELOMPOK SENI KARAWITAN MLATHI LARAS DI DUSUN SRAGAN PRANTHI, SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI SENI KARAWITAN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KELOMPOK SENI KARAWITAN MLATHI LARAS DI DUSUN SRAGAN PRANTHI, SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL ))
11410159_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REAKTUALISASI SENI KARAWITAN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KELOMPOK SENI KARAWITAN MLATHI LARAS DI DUSUN SRAGAN PRANTHI, SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL ))
11410159_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lisa Puspadewi, Reaktualisasi Seni Karawitan Sebagai Media Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan agama Islam Studi Kelompok Seni Karawitan Mlathi Laras Di Dusun Sragan Pranthi- Srihardono- Pundong- Bantul. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah seni tradisional Indonesia terkhusus seni karawitan tidak lagi populer di kalangan remaja pada era globalisasi ini. Dengan melihat fenomena tersebut upaya yang dilakukan para seniman terkhususnya Yogyakarta adalah melakukan reaktualisasi seni karawitan. Dimana Yogyakarta merupakan kota yang masih sangat menjaga kesenian tradisi namun budaya barat telah mencemari selera remaja untuk lebih mengenal kesenian modern daripada kesenian milik sendiri. Padahal di dalam seni karawitan termuat nilai-nilai pendidikan agama Islam sehingga seni karawitan dapat dijadikan sebagai media pendidikan untuk penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam. Di Pedukuhan Sragan Pranti, Kecamatan Imogiri Bantul. Terdapat sebuah kelompok seni karawitan yang belum lama dibentuk. Yaitu kelompok seni karawitan Mlathi Laras yang melakukan reaktualisasi seni karawitan yang dapat digunakan sebagai media penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses kelompok seni karawitan Mlathi Laras mereaktualisasi seni karawitan sebagai media penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dan nilai-nilai pendidikan agama Islam apa saja yang direaktuaalisasi dalam seni karawitan pada kelompok seni karawitan Mlathi Laras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses reaktualisasi seni karawitan dan mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam seni karawitan yang direaktualisasi pada kelompok seni karawitan Mlathi Laras di dusun Sragan Pranthi, Srihardono, pundong, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Naturalistic Inquiry (inkuiri naturalistik), pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses reaktualisasi seni karawitan pada kelompok seni karawitan Mlathi Laras yaitu; a) Mengembangkan SDM (sumber daya manusia), b) meningkatkan kualitas penyajian karya seni karawitan dan c) membangun kualitas para pelaku seni karawitan dalam menyesuaikan diri dalam proses pembaharuan produksi dan bagaimana pengembangannya. (2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam pada seni karawitan yang direaktualisasi ialah; a) nilai aqidah, b) nilai ibadah, c) nilai ahklak; akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ada pada seni karawitan tersebut terdapat pada gamelan dan syair tembang yang dinyanyikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Reaktualisasi seni karawitan, media PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:33
Last Modified: 27 Jul 2015 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum