IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN HADITS (KITAB RIYĀḌ AṢ-ṢĀLIHĪN) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA (STUDI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)

SITI NURHAYATI, NIM. 11410143 (2015) IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN HADITS (KITAB RIYĀḌ AṢ-ṢĀLIHĪN) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA (STUDI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN HADITS (KITAB RIYĀḌ AṢ-ṢĀLIHĪN) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA (STUDI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA))
11410143_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN HADITS (KITAB RIYĀḌ AṢ-ṢĀLIHĪN) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA (STUDI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA))
11410143_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Nurhayati. Implementasi Pembelajaran Hadits (Kitab Riyāḍ Aṣ- Ṣālihīn) dengan Metode Bandongan dalam Meningkatkan Keaktifan Bertanya Santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan metode bandongan di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta terutama pada pembelajaran hadits. Umumnya dengan penggunaan metode bandongan hanya ustadzah saja yang aktif dan santri hanya mendengarkan terjemah perkata dan penjelasan dari ustadzah. Berbeda pada pesantren ini yang menerapkan metode bandongan dengan cara yang unik sehingga di dalamnya terjadi suatu interaksi yang baik. Dalam proses pembelajaran terjadi tanya jawab yang menarik antara ustadzah dan santri. Dan ini berbeda dengan penerapan metode bandongan di pesantren pada umumnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan induvidu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah ustadzah dan santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran hadits (kitab Riyāḍ aṣ-Ṣālihīn) berjalan dengan baik, santri antusias dalam proses pembelajaran hadits tersebut. Hal tersebut terlihat dari para santri mengikuti pembelajaran dari awal pembukaan hingga penutupan dan juga mereka memperhatikan penjelasan dari ustadzah mengenai materi yang disampaikan pada malam itu. 2) Penerapan metode bandongan membuat santri aktif bertanya sehingga terjadi interaksi antara ustadzah dan santri meskipun belum maksimal, karena tidak semua santri mendapatkan kesempatan bertanya pada malam itu berhubung waktu yang disediakan terbatas. 3) Faktor pendukung dalam metode bandongan yang diterapkan adalah a) adanya kompetensi pendidik, b) adanya kompetensi santri, c) sarana dan prasarana, d) minat santri, e) tempat yang memadai, sedangkan faktor penghambat dalam metode bandongan yang telah diterapkan adalah a) kegiatan di luar pondok, b) rasa mengantuk, dan c) suara ustadzah kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Implementasi pembelajaran, metode bandongan, pembelajaran hadits, keaktifan bertanya
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:34
Last Modified: 27 Jul 2015 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum