KEMAMPUAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MENURUT DAVID AUSUBEL DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

DEWI MARIYATUL QIBTIYAH, NIM. 11410125 (2015) KEMAMPUAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MENURUT DAVID AUSUBEL DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MENURUT DAVID AUSUBEL DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
11410125_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MENURUT DAVID AUSUBEL DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
11410125_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewi Mariyatul Qibtiyah. Kemampuan Menerapkan Pembelajaran Bermakna Menurut David Ausubel Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang tidak bisa terpisahkan dengan pengelolaan dan pembelajaran di kelas. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru menentukan keberhasilan dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel di kelas. Berdasarkan hasil wawancara, guru PAI SD se-Kecamatan Umbulharjo telah menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI, mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel pada mata pelajaran PAI, dan menguji secara empiris perbedaan kemampuan menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel ditinjau dari kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta yang berjumlah 20 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis chi kuadrat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1. Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat baik. 2. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat baik. 3. Ada perbedaan kemampuan menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel ditinjau dari kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Hal ini dibuktikan hasil uji Chi-Square diperoleh χ2 hitung = 22.528 > χ2 tabel (df:6) = 12,59 dan  = 0,001 < 0,05. Ini mengindikasikan semakin baik kompetensi pedagogik guru maka akan semakin baik pula kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel pada mata pelajaran PAI SD se-Kecamatan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Pi, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:24
Last Modified: 28 Jul 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum