IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SANDEN BANTUL

MENIK LESTARI, NIM. 11410116 (2015) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SANDEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SANDEN BANTUL)
11410116_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SANDEN BANTUL)
11410116_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MENIK LESTARI. Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negei 1 Sanden Bantul. Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penulisan skirpsi ini adalah masih rendahnya mutu hasil belajar siswa karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, fasilitas, motivasi dan yang tidak kalah pentingnya yaitu kemampuan professional guru dalam melakukan penilaian. Saat ini masih ada guru yang melakukan penilaian hanya dari segi pengetahuan saja, sedangkan pada segi sikap dan ketrampilan masih jarang diperhatikan. Penilaian juga hanya dilakukan pada akhir periode tertentu, bukan pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Padahal pada proses pembelajaran itu yang mencerminkan perkembangan siswa. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah telah meminta kepada seluruh sekolah pada jenjang dasar hingga menengah di Indonesia untuk menerapkan Kurikulum 2013 pada awal ajaran baru 2014/2015. Salah satu yang menonjol dari K.13 ini adalah pada sistem penilaiannya, yaitu disebut dengan penilaian autentik. Penilaian ini merupakan penilaian yang terdiri dari beberapa teknik dan instrumen penilaiannya untuk mengukur kemampuan siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP Negeri 1 Sanden Bantul. Subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII, sementara obyek penilitian yaitu proses pembelajaran di kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, yaitu menggabungkan beberapa metode untuk mencari sumber data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) Teknik dan Instrumen penilaian dalam penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti meliputi: (a) Ranah pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, penugasan, dan tes lisan (b) ranah sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal, dan (c) ranah ketrampilan menggunakan teknik tes praktik, portofolio dan proyek. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan penilaian autentik untuk mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu siswa mampu mencapai KKM sebesar 80 bagi siswa bilingual dan 75 bagi siswa non bilingual, untuk ranah pengetahuan. Sedangkan untuk ranah sikap dan ketrampil siswa mampu mencapai KKM 80. (3) Tindak lanjut yang dirancang guru setelah mengetahui hasil belajar siswa yaitu (a) melakukan remedial dan pengayaan untuk tindak lanjut penilaian pada ranah pengetahuan. (b) melakukan pembinaan secara umum pada tindak lanjut penilaian ranah sikap, dan (c) melakukan pembimbingan pada tindak lanjut penilaian ranah ketrampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Hj. Sri Sumarni M.Pd,
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : Penilaian Autentik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:29
Last Modified: 28 Jul 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum