PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

NURUL HIDAYAH, NIM. 11410109 (2015) PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA)
11410109_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA)
11410109_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NURUL HIDAYAH. Penanaman Karakter Pada Siswa Cerdas Istimewa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya penyelenggaraan program akselerasi atau percepatan belajar pada siswa cerdas istimewa di SMP Negeri 2 Yogyakarta yang harus ditempuh dalam waktu dua tahun. Program akselerasi tersebut membuat siswa lebih banyak fokus kepada proses pembelajaran yang hanya menekankan aspek kognitif, sehingga diperlukan program-program khusus di luar pembelajaran untuk menanamkan karakter pada siswa cerdas istimewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, pelaksanaan, hasil, dan faktor pendukung serta penghambat dari penanaman karakter pada siswa cerdas istimewa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk mengecek keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan diverifikasi kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pelaksanaan penanaman karakter pada siswa cerdas istimewa di SMP Negeri 2 Yogyakarta berdasarkan konsep membimbing siswa cerdas istimewa secara personal. Bimbingan ini merupakan tugas guru wali kelas, dan orang tua dengan mengenal kepribadian siswa cerdas istimewa secara keseluruhan dengan menggunakan pendekatan personal dan teladan. Pelaksanaan penanaman karakternya menggunakan model pendidikan karakter tażkirah dan metode pembiasaan yang disertai kesesuaian dengan prinsip-prinsip pendidikan karakter melalui penyelenggaraan berbagai macam program umum yang berlaku untuk siswa reguler dan siswa cerdas istimewa maupun program khusus yang hanya berlaku untuk siswa cerdas istimewa. (2) Hasil dari proses pelaksanaan penanaman karakter tersebut adalah karakter siswa cerdas istimewa yang semakin baik dan potensi yang semakin berkembang karena dibentuk melalui pembiasaan dan kegiatan yang memacu mereka untuk selalu aktif dan menerapkan karakter baik di manapun mereka berada. Ini menunjukkan adanya kekonsistenan dalam proses penanaman karakter yang dilakukan. (3) Yang menjadi faktor pendukung dari proses penanaman karakter tersebut adalah potensi siswa dengan tingkat intelektual yang tinggi, kepedulian guru dan orang tua siswa dalam membentuk karakter dan mengembangkan potensi mereka, komunitas teman yang solid, program-program khusus yang diberikan sekolah, dan lingkungan sekolah yang mencakup kurikulum, tata tertib, dan budaya sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pihak yang kurang sadar akan kecerdasan dan keterbakatan mereka serta lingkungan luar yang memang dengan ruang lingkup yang lebih luas dari sekolah sehingga memerlukan kerja keras yang lebih untuk membentuk keselarasan sistem supaya terwujud nilai-nilai karakter seperti yang telah ditanamkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: penanaman karakter, cerdas istimewa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:31
Last Modified: 28 Jul 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum