KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN MATERI FIKIH WANITA (MENSTRUASI) MELALUI KAJIAN KITAB RISALAH HAIDL DI KELAS XII SMK VIP AL HUDA KEBUMEN

INAYATUL HIDAYAH, NIM. 11410108 (2015) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN MATERI FIKIH WANITA (MENSTRUASI) MELALUI KAJIAN KITAB RISALAH HAIDL DI KELAS XII SMK VIP AL HUDA KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN MATERI FIKIH WANITA (MENSTRUASI) MELALUI KAJIAN KITAB RISALAH HAIDL DI KELAS XII SMK VIP AL HUDA KEBUMEN)
11410108_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN MATERI FIKIH WANITA (MENSTRUASI) MELALUI KAJIAN KITAB RISALAH HAIDL DI KELAS XII SMK VIP AL HUDA KEBUMEN)
11410108_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

INAYATUL HIDAYAH. Kreativitas Guru PAI dalam Mengembangkan Materi Fikih Wanita (Menstruasi) Melalui Kajian Kitab Risalah Haidl di Kelas XII SMK VIP Al-Huda Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tidak semua guru mau dan dapat mengembangkan kreativitas yang ada pada dirinya. Padahal salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi professional, yang salah satu di dalamnya yaitu mengembangkan jiwa kreatifnya dalam mengajar. Salah satu fungsi dari kreativitas seorang guru adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan, dan yang lebih penting adalah mereka tertarik dan terkesan dengan materi yang disampaikan yang nantinya bedampak pada pengamalan dalam kehidupan nyata. Sebagaimana guru PAI yang harusnya juga dapat mengembangkan kreativitas dalam mengembangkan materi keagamaan, seperti Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah, Tauhid, dan lain sebagainya. Untuk menyampaikan materi haid yang masuk dalam mata pelajaran Fikih, diperlukan ide kreatif supaya mudah dipahami oleh semua siswa, baik yang mengalami haid ataupun tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas yang dilakukan oleh guru PAI di SMK VIP Al-Huda Kebumen dalam menyampaikan materi haid dan permasalahannya melalui kajian Kitab Risalah Haidl, serta untuk mengetahui hasil yang diperoleh oleh guru PAI di SMK VIP Al-Huda Kebumen dalam mengembangkan kreativitasnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK VIP Al-Huda Kebumen. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur dan wawancara dengan teknik snowbolling, serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum berbagai data yang penting yang kemudian ditarik kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan materi Fikih Wanita (Manstruasi) melalui kajian Kitab Risalah Haidl berdasarkan ciri aptitude sudah terlihat, namun masih perlu pengembangan lagi. Dan berdasarkan ciri non aptitude, guru sudah menunjukkan sikap kreatif yang terlihat dalam menyampaikan pembelajaran dan usaha dalam meningkatkan pengetahuan yang berhubungan dengan menstruasi. (2) Hasil yang dicapai oleh guru dalam mengembangkan materi Fikih Wanita (Manstruasi) melalui kajian Kitab Risalah Haidl yaitu pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Indikator hasil tersebut adalah secara kognisi, siswa dapat memecahkan masalah atau soal yang diberikan olah guru mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi pembelajaran, dan hasil yang paling penting adalah pengamalan atau penerapan pengetahuan dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:33
Last Modified: 28 Jul 2015 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum