ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 DAN SMP PIRI 2 TAHUN AJARAN 2014/2015

ASMI NUR RAHMAWATI, NIM. 11410095 (2015) ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 DAN SMP PIRI 2 TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 DAN SMP PIRI 2 TAHUN AJARAN 2014/2015)
11410095_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 DAN SMP PIRI 2 TAHUN AJARAN 2014/2015)
11410095_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Asmi Nur Rahmawati. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Dan SMP PIRI 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Latar belakang penelitian ini yaitu karena di SMP Muhammadiyah 4 dan SMP PIRI 2 menggunakan paket soal UAS yang berbeda dan tidak menganalisis soal tersebut, sehingga fungsi butir soal yang diujikan tidak diketahui apakah sudah termasuk butir-butir soal yang baik atau belum, padahal analisis terhadap butir soal sangatlah penting dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai mutu soal tersebut. Dikarenakan ketepatan dalam menganalisis butir soal ujian memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dan ketercapaian tujuan pendidikan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (flield research), Jika berdasarkan datanya, merupakan penelitian kuantitatif yang mengambil obyek di SMP Muhammadiyah 4 dan SMP PIRI 2. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. analisis data statistiknya menggunakan program SPSS dan ANATES. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Soal ujian akhir semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 1). SMP Muhammadiyah 4, dilihat dari segi validitas, untuk soal pilihan ganda dan uraian termasuk baik. Soal dilihat dari sisi validitas konkuren tes termasuk kurang, karena hanya berkorelasi sebesar 3,6%, sehingga tingginya nilai UTS tidak menjamin nilai UAS akan tinggi juga. Soal dilihat dari segi reliabilitas untuk soal pilihan ganda belum termasuk tinggi dan soal uraian termasuk tinggi. Soal dilihat dari segi tingkat kesukarannya secara umum belum menggambarkan sebuah tes yang baik, Soal dilihat dari segi daya pembeda sebanyak 11 (22%) soal pilihan ganda yang dapat diterima sedangkan soal bentuk uraian tidak ada satupun yang diterima. Soal dilihat dari fungsi pengecohnya termasuk kurang baik. 2). SMP PIRI 2, dilihat dari segi validitas, untuk soal pilihan ganda dan uraian termasuk baik. Soal dilihat dari sisi validitas konkuren tes termasuk cukup, karena hanya berkorelasi sebesar 42%, sehingga tingginya nilai UTS dapat sedikit menjamin nilai UAS akan tinggi juga. Soal dilihat dari segi reliabilitas baik bentuk pilihan ganda maupun uraian belum termasuk tinggi. Soal dilihat dari segi tingkat kesukarannya secara umum belum menggambarkan sebuah tes yang baik. Soal dilihat dari segi daya pembeda sebanyak 25 (24%) soal pilihan ganda, dan sebanyak 10 (10%) soal uraian yang dapat diterima. Soal dilihat dari fungsi pengecohnya termasuk baik. 3). Perbandingan kualitas butir soal Ujian Akhir Semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Muhammadiyah dengan SMP PIRI 2, SMP PIRI 2 lebih unggul dalam hal validitas bandingan tes, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal dan fungsi pengecoh, sedangkan SMP Muhammadiyah 4 lebih unggul dalam hal validitas tes dan reliabilita tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis butir soal, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:43
Last Modified: 28 Jul 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum