PENERAPAN METODE MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANJATAN KULON PROGO YOGYAKARTA

ROHANNA DESY KURNIAWATI, NIM. 11410083 (2015) PENERAPAN METODE MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANJATAN KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANJATAN KULON PROGO YOGYAKARTA)
11410083_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANJATAN KULON PROGO YOGYAKARTA)
11410083_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ROHANNA DESY KURNIAWATI. Penerapan Metode Mentoring Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Religiusitas Dimensi Ibadah pada Siswa SMK Negeri 1 Panjatan Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kondisi religiusitas dimensi ibadah di SMK N 1 Panjatan yang masih kurang. Kemudian muncul program keagamaan baru yaitu mentoring PAI. Di dalam mentoring PAI tersebut terdapat aktivitas-aktivitas yang kiranya mampu untuk membentuk religiusitas dimensi ibadah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode mentoring PAI terhadap religiusitas dimensi ibadah pada siswa, bagaimana religiusitas dimensi ibadah siswa setelah mengikuti mentoring PAI, dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode mentoring PAI di SMK N 1 Panjatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program yang diberikan kepada siswa dalam rangka membentuk religiusitas dimensi ibadah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK N 1 Panjatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Analisis yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan diverifikasi kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penerapan metode mentoring PAI terhadap pembentukan religiusitas dimensi ibadah dilakukan melalui dua upaya, yaitu membentuk struktur sikap religiusitas dan membentuk kesadaran serta pengalaman beragama siswa. Pembentukan struktur sikap religiusitas: aspek kognitif melalui materi dan metode yang menarik, aspek afektif melalui sms mentor dan qodoya rowa’i, aspek konatif melalui bimbingan ibadah langsung, melalui buku mutaba’ah yaumiyah, dan melalui program Odoj. Adapun untuk membentuk kesadaran beragama melalui materi ancaman dan kematian, sedangkan untuk membentuk pengalaman beragama siswa melalui kegiatan mabit. (2) Religiustias dimensi ibadah pada siswa peserta mentoring dapat dilihat melalui buku mutaba’ah yaumiyah. Dengan melihat religiusitas siswa dalam buku mutaba’ah yaumiyah dapat disimpulkan bahwa penerapan Mentoring Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik karena mampu mengubah siswa yang awalnya jarang menjalankan ibadah kini mereka cukup rajin menjalankan ibadah. (3) Dalam proses mentoring PAI tidak lepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung kegiatan Mentoring Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan religiusitas dimensi ibadah pada siswa antara lain dorongan visi dan misi, antusias dan minat siswa, ketedanan guru dan mentor, sarana dan prasarana, serta perogram-program tambahan mentoring PAI. Adapun faktor penghambat kegiatan Mentoring Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan religiusitas dimensi ibadah pada siswa antara lain isu-isu negatif terhadap islam, keterbatasan waktu, dan lingkungan luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : religiusitas dimensi ibadah, metode mentoring Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:48
Last Modified: 28 Jul 2015 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16424

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum