OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

ANNA LISANA YUDIANTI, NIM. 11410079 (2015) OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410079_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410079_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANNA LISANA YUDIANTI. Optimalisasi Fungsi Masjid dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di SMA N 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masjid memiliki fungsi edukasi diantaranya adalah berfungsi untuk pengembangan nilai-nilai humanis dan kesejahteraan umum. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tentu sangat membutuhkan masjid sebagai tempat laboratorium agama, tempat pembelajaran, perkumpulan kegiatan kerohanian Islam dan lain sebagainya, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di masjid selain untuk shalat. Berdasarkan kenyataan yang ada, bahwa perlu diupayakan berbagai usaha untuk memakmurkannya, di samping memfungsikannnya semaksimal mungkin secara terus menerus. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana hasil optimalisasi fungsi masjid dan bagaimana optimalisasi fungsi masjid dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMA N 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait optimalisasi fungsi masjid Al-Uswah dan kaitannya dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA N 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk-bentuk optimalisasi fungsi masjid dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMA N 1 Yogyakarta yaitu melalui kegiatan yang telah berjalan di masjid antara lain sholat berjamaah, pembacaan hadist setelah sholat oleh POH (Pengurus Oemat Harian), sholat sunah dan mentoring. Kadang diisi pengajian yang mendatangkan nara sumber dari luar sekolah, tadarus setelah shalat, perpustakaan kecil yang dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu-ilmu agama. Sebagai tempat berkumpul secara nonformal membahas materi pelajaran setelah siswa pulang sekolah atau sewaktu istirahat dan waktu luang. Siswa banyak bercerita tentang masalah apapun di masjid kemudian diambil kesimpulan atau manfaatnya, menjadikan forum untuk diskusi bersama, dan bincang-bincang tentang hal-hal Islami. Semua kegiatan tersebut berkaitan dengan kurikulum PAI dan sangat mendukung untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI. (2) Hasil optimalisasi fungsi masjid di SMA N 1 Yogyakarta menunjukkan pengadaan masjid sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam yang memadai sangat berpengaruh terhadap peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Masjid yang memadai di sekolah membuat guru dan siswa mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:51
Last Modified: 28 Jul 2015 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum