KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN

ANA FATIMAH, NIM. 11410069 (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN)
11410069_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN)
11410069_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANA FATIMAH. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pembelajaran Saintifik Berbasis Discovery Learning di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang dari masalah penelitian ini adalahpelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah yang masih bersifat teks normatif. Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman sebelum menerapkan pembelajaran saintifik khususnya model discovery learning terasa membosankan dan kurang menarik karena pembelajaran yang berlangsung hanya terpusat pada guru, dan peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru. Sehubungan dengan hal tersebut, guruPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman menerapkan model pembelajaran discovery learningbertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pembelajaran saintifik berbasis discovery learning, dan pelaksanaan pembelajaransaintifik berbasis discovery learning dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan Budi Pekerti, kepala sekolah, dan peserta didik SMP Negeri 1 Prambanan Sleman. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman yaitu untuk aspek memahami karakteristik peserta didik masih sebatas cara guru memahami karakteristik peserta didik, belum sampai pada pemahaman guru terhadap karakteristik tersebut. Kemudian pada aspek kemampuan guru dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran digunakan untuk menentukan pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, guru menggunakan model penilaian otentik (Authentic Assesment).2) Pelaksanaan pembelajaran saintifik berbasis discovery learning dalam pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman dilaksanakan secara tertulis dan praktik. Guru telah melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis discovery learning secara tertulis dalam RPP dan secara praktik di dalam kelas. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti mencakup langkah-langkah dari model pembelajaran discovery learning, yaitu dengan stimulation, problem statemen, data collection, data processing, verification, dan generalization.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:55
Last Modified: 28 Jul 2015 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum