IMPLEMENTASI EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

MOCH. ABDUL MUJIB, NIM. 11410064 (2015) IMPLEMENTASI EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
11410064_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
11410064_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MOCH. ABDUL MUJIB. Implementasi Kegiatan Ekstra Kurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan ekstra kurikuler Pendidikan Agama Islam(PAI) dalam meningkatkan keberhasilan PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 15 Yogyakarta, yang pembahasannya meliputi: implementasi, hasil yang dicapai, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan(Field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Untuk metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 15 Yogyakarta memiliki banyak progam ekstra kurikuler keagamaan, khususnya ekstra kurikuler Pendidikan Agama Islam(PAI). Ada berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler PAI di SMP Negeri 15 Yogyakarta, diantaranya adalah: Progam Pembiasaan Akhlak Mulia, Tahfidzul Qur’an, Tartil Qur’an, Pembelajaran Iqro’, Musabaqoh Sarhil Qur’an(MSQ), dan Kerohanian Islam (Rohis). Pembiasaan akhlak Mulia dan Kerohanian Islam pelaksanaannya setiap hari dan keduanya saling melengkapi. Sedangkan Tahfidzul Qur’an, Tartil Qur’an, Pembelajaran Iqro’, dan Musabaqoh Sarhil Qur’an(MSQ) pelaksanaannya terjadwal dengan didampingi seorang guru pembimbing, proses pembelajarannya meliputi pembukaan, penyampaian materi, dan penutup. Dari kegiatan ekstra kurikuler PAI tersebut mempunyai peran penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah, karena banyak materi PAI yang berkaitan dengan kegiatan ekstra kurikuler tersebut diatas. Selain itu kegiatan tersebut merupakan wujud praktek dari nilai-nilai ajaran Islam yang disampaikan oleh guru PAI di kelas, kegiatan ekstra kurikuler PAI juga mampu menumbuhkan minat dan bakat siswa dalam bidang agama. Faktor pendukung kegiatan ekstra kurikuler tersebut adalah adanya dukungan dari warga SMP Negeri 15 Yogyakarta, sarana dan prasarana yang memadai, serta terjalinnya kerjasama yang baik dengan pihak luar sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum maksimalnya kurikulum pembelajaran ekstra kurikuler PAI, masih adanya siswa yang kurang disiplin, serta pengaruh pergaulan siswa di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:58
Last Modified: 28 Jul 2015 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum