INTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

PRASTIO, NIM. 11410046 (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)
11410046_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)
11410046_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PRASTIO. Integrasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi dalam Desain Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pada dasarnya mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti bersumber dari ajaran Islam yang sifatnya sempurna, menyeluruh, dan menyempurnakan semua perihal kehidupan manusia termasuk masalah kesehatan reproduksi. Namun, pada pelaksanaannya kurang mampu memberikan pemahaman pengetahuan, penanaman nilai-nilai, dan pelatihan keterampilan yang utuh berkenaan dengan masalah tersebut. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang bagaimana cara merumuskan integrasi pendidikan kesehatan reproduksi dalam desain pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, majalah, dan koran berita online yang membahas tentang kesehatan reproduksi, serta berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan kesehatan reproduksi dalam desain pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dapat dirumuskan melalui enam tahap, yaitu: (1) Analisis kebutuhan peserta didik, hasil analisis menunjukkan bahwa yang dibutuhkan mereka adalah informasi tentang seluk-beluk perubahan fisik, pengaruh pola makan terhadap menstruasi, penyebab keluarnya mani, dorongan seksual, masturbasi, relasi dengan kelompok, dan pencegahan PMS. (2) Perancangan tujuan, ditemukan tiga KD dalam tema taharah dari kelas VII dan empat KD dalam tema makanan dari kelas VIII yang diturunkan menjadi tujuan pembelajaran yang secara operasional digunakan untuk mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik tentang kesehatan reproduksi. (3) Perancangan materi. Materi taharah dikonfirmasi dengan materi organ seksual, diparalelkan dengan materi dorongan seksual, ditambahi informasi tentang perubahan selama pubertas, konsep diri, masalah jerawat, dan PMS. Materi ketayiban makanan dan minuman dikomplementasikan dengan materi tentang nutrisi dan gizi dalam prespektif kesehatan reproduksi. (4) Perancangan pengalaman belajar. Terlihat bahwa peserta didik diposisikan sebagai subjek belajar yang didesain agar terbiasa aktif mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan seputar kesehatan reproduksinya. (5) Perancangan sumber belajar, sumber-sumber belajar dipadukan antara buku pegangan peserta didik, internet, narasumber, dan lingkungan agar peserta didik terbiasa belajar dari berbagai macam sumber. (6) Perancangan evaluasi pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator aspek sikap dibuat berdasarkan ciri-ciri hipotetik yang bersifat relatif dengan teknik penilaiannya berupa non tes dalam bentuk skala sikap dan biografi. Indikator aspek pengetahuan dibuat berdasarkan susunan materi yang diajarkan dengan teknik penilaiannya berupa tes dalam bentuk uraian terbuka. Indikator aspek keterampilan dibuat berdasarkan kemampuan melakukan gerakan dengan teknik penilaiannya berupa performance tes dalam bentuk skala penilaian dan portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:02
Last Modified: 28 Jul 2015 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum