IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA

DIAH CHINTIA, NIM.11410035 (2015) IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA)
11410035_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA)
11410035_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)

Abstract

DIAH CHINTIA. Implementasi Konsep Tauhid Sosial dalam Pengembangan Kurikulum PAI SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di SMA yang masih bersifat formalistik, belum mampu dikontekstualisasikan dengan realitas sosial. Proses belajar-mengajarnya pun masih terbatas hanya dalam tataran pengetahuan belaka, tanpa mempersoalkan realitas sosial yang up to date, sehingga banyak kekhawatiran muncul. Kekhawatiran tersebut berkaitan dengan lulusan pendidikan agama Islam sekarang hanya akan melahirkan orang yang pandai dalam agama, namun gagap dalam realitas sosial. Maka deiperlukan sebuah formulasi dalam menghadapi permasalahan tersebut, untuk itu perlu kiranya untuk mengkonsepsikan tauhid sosial dalam kurikulum PAI di SMA. Hal itu bertujuan untuk mengetahui konsepsi tauhid sosial secara umum, serta mengimplementasikannya dalam kurikulum PAI di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Pendekkatan yag digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah hermeneutika, yang digunakan untuk mengkaji secara mendalam konsep tauhid sosial secara umum. Dengan menggunakan sumber-sumber yang relevan, baik sumber primer maupunn sumber sekunder. Adapun metode pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi data dan analysis isi. Hasil penelitian ini adalah konsep tauhid sosial yang dapat diartikan sebagai aktualisasi dan memanifestasikan elemen-elemen tauhid (ketuhanan) dengan realitas sosial. Tauhid sosial dijadikan landasan utama dalam mengkaji problem-problem sosial yang harus dipahami secara integratif antara realitas dan ketuhanan. Hal itu bertujuan untuk membentuk nalar generasi muda yang berkualtas rohani dan jasadi. Tauhid dan sosial dijadikan satu unsur dalm mengkaji fenomena-fenomena yang terjadi di dalam kehidupan ini. Adapun untuk implementasinya dalam kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di SMA dapat diketahui dari aspek-aspek yang terdapat dalam tujuan, isi, dan evaluasi. Tujuan kurikulum tauhid sosial adalah untuk membentuk kkesadaran peserta didik dalam dunia, dengan dilandasi nilai-nilai ketuhanan (agama) dan sosial (keduniaan). Isi dari kurikulum yang hendak dicapai mencakup pemahaman kegamaan dan pemahaman realitas sosial. Evaluasi tauhid sosial lebih dititiberatkan kepada kemampuan peserta didik terhadap materi-materi tauhid sosial serta kemampuan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tauhid, Sosial, Pengembangan Kurikulum PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:51
Last Modified: 28 Jul 2015 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum