PENERAPAN KONSEP TRICHOTOMI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI

NUR PRAGITA SARI, NIM. 11410017 (2015) PENERAPAN KONSEP TRICHOTOMI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSEP TRICHOTOMI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI)
11410017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSEP TRICHOTOMI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 BOYOLALI)
11410017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nur Pragita Sari. Penerapan konsep Trichotomi Pendidikan Islam dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas X di SMK Negeri 1 Boyolalu. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah ketika banyaknya pengangguran dan berbagai tindak kriminalitas di masyarakat karena kurangnya lapangan pekerjaan serta kurangnya landasan moral agama sehingga diperlukan suatu cara untuk mengatasi berbagai masalah perekonomian dan penyejahteraan hidup tersebut dengan usaha membekali seseorang dengan pendidikan kewirausahaan yang dapat diajarkan di sekolah sejak dini. Akan tetapi selain membekali seseorang utamanya generasi muda dengan pendidikan kewirausahaan juga harus memberikan landasan moril agama dalam pengembangan setiap kemampuannya salah satunya yakni dengan mengintegrasikan pendidikan kewirausahaan dengan konsep pengembangan kemampuan manusia pada pendidikan Islam yakni konsep Trichotomi pendidikan Islam yang mengembangkan kemampuan peserta didik dari dimensi individualitas, sosialitas dan moralitas sehingga kelak anak tersebut mampu menjadi bagian dari masyarakat dengan kepribadian Islam yang luhur. Sehingga dengan pembelajaran Prakarya dan kewirausahaan yang menerapkan konsep Trichotomi Pendidikan Islam diharapkan mampu membentuk pribadi peserta didik yang mampu bekerja, mengembangkan diri sesuai dengan bidang dan keahliannya yang tidak terlepas dari ranah dan jiwa Islam yang luhur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Negeri 1 Boyolali. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengggunakan pendekatan humanis. Pendekatan ini dipilih karena mengkaji masalah dengan mempelajari pengembangakan kemampuan manusia sebagai makhluk individu yang hidup di lingkungan masyarakat. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi datayang berarti merangkum dan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dalam bentuk bagan, tabel, dan teks naratif kemudian memberikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penerapan konsep Trichotomi Pendidikan Islam di sekolah sudah dilaksanakan baik dari segi konseptual maupun operasional. 2) penerapan konsep Trichotomi Pendidikan Islam dalam Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan diterapkan mulai dari penggunaan kurikulum, tahap perencanaan yakni perusumasan silabus dan RPP, serta tahap pembelajaran. 3) hasil dari penerapan tersebut yakni mampu mengembangkan kemampuan siswa baik sebagai seorang individu maupun anggota masyarakat (sosial) dengan dasar akhlak/ moral yang baik sebagai bekal ketika ia PKL ataupun ketika sudah menyelesaikan masa studinya dengan mengembangakan berbagai kompetensi yang ia miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:56
Last Modified: 28 Jul 2015 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum