NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DAN XI SMA

FAHRIZAL IBNU PRADANA, NIM. 11410012 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DAN XI SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DAN XI SMA)
11410012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DAN XI SMA)
11410012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)

Abstract

Fahrizal Ibnu Pradana. Nilai-Nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini berawal dari banyaknya tindak kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan terutama di sekolah. Pendidikan yang seharusnya menjadi tempat menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik justru menjadi tempat menjamurnya tindak kekerasan. Pendidikan anti kekerasan merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meminimalisir adanya tindak kekerasan di dunia pendidikan. Pendidikan anti kekerasan tersebut dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pendidikan anti kekerasan ini dapat diintegrasikan dalam materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sehingga penelitian ini difokuskan pada kandungan nilai pendidikan anti kekerasan dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan anti kekerasan dan nilai-nilai pendidikan anti kekerasan dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan sumber data primer buku ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini mengggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena mengkaji masalah dengan mempelajari sikap dan tingkah laku siswa sebagai individu, anggota kelompok, dan hubungan antara keduanya dengan lingkungan sekitar (guru, lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat) dalam proses belajar mengajar. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep pendidikan anti kekerasan dapat dikaitkan dengan pendidikan damai yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai anti kekerasan dan cinta damai agar menjadi prinsip hidup dalam segala hal. 2) Kandungan nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI mencakup lima nilai/aspek yaitu saling percaya, kerja sama, tenggang rasa, penerimaan terhadap perbedaan, serta penghargaan terhadap kelestarian lingkungan. Nilai-nilai ini terdapat dalam 9 bab pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, serta 9 bab dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:59
Last Modified: 28 Jul 2015 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum