PENGEMBANGAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN

NUNUNG HIDAYATI, NIM. 11410008 (2015) PENGEMBANGAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN)
11410008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN)
11410008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)

Abstract

NUNUNG HIDAYATI. Pengembangan Strategi Mind Map pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Prambanan Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya pengembangan strategi mind map karena penggunaan strategi mind map yang belum bisa membuat peserta didiknya aktif dan kreatif dalam proses pembelajarannya serta lambatnya pencapaian belajar di SMP N 1 Prambanan. PAI dan Budi Pekerti adalah mata pelajaran di kurikulum 2013 yang mempunyai 4 ranah yang harus dicapai, yaitu KI 1 spiritual, KI2 sosial, KI3 pengetahuan, KI4 ketrampilan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran jika menggunakan strategi mind map yang telah dikembangkan serta untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan strategi pembelajaran dengan objek 2 (dua) kelas yang berbeda. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana (1) Pengembangan strategi pembelajaran mind map di SMP N 1 Prambanan Sleman; (2) Hasil pengembangan strategi pembelajaran mind map di SMP N 1 Prambanan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Skripsi ini merupakan skripsi lapangan. Pengumpulan data pada skripsi ini dengan metode wawancara, dokumentasi, dan obervasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mereduksi data, display data, memberi kesimpulan dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan pengembangan strategi mind map di SMP N 1 Prambanan Sleman dikarenakan strategi mind map biasa belum bisa memaksimalkan daya aktif dan kreatif peserta didik. (2) hasil dari pengembangan strategi mind map terbilang berhasil, namun lebih menonjol bila diterapkan di kelas dengan nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi. (3) pengunaan strategi mind map yang telah dikembangkan lebih bisa menarik antusias peserta didik dari pada strategi mind map biasa. (4) untuk mencapai tujuan pembelajaran strategi pembelajaran perlu dikembangkan dengan mengkombinasikannya dengan strategi yang lain seperti jigsaw learning dan presentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: metode mind map, siswa aktif, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 10:04
Last Modified: 28 Jul 2015 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum