UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VA SDIT SALSABILA 5 PURWOREJO TAHUN 2013/2014

SASONGKO DAMAR HARTANTO, NIM. 10416042 (2015) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VA SDIT SALSABILA 5 PURWOREJO TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VA SDIT SALSABILA 5 PURWOREJO TAHUN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VA SDIT SALSABILA 5 PURWOREJO TAHUN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SASONGKO DAMAR HARTANTO. Upaya Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VA SDIT Salsabila 5 Purworejo Tahun 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VA SDIT Salsabila 5 Purworejo Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SDIT Salsabila 5 Purworejo. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SDIT Salsabila 5 Purworejo. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang berhasil dikumpulkan, dan dari analisis data itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik, yang nantinya akan iketahui upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VA SDIT Salsabila 5 Purworejo Tahun 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Mutu pendidikan agama islam di SDIT Salsabila 5 Purworejo sudah baik. Dilihat dari hasil tes kemampuan akademis maupun kemampuan non akademis. Upaya yang dilakukan guru PAI di SDIT Salsabila 5 Purworejo diantaranya adalah : (1) upaya meningkatan strategi. (2) upaya meningkatkan penggunaan media. (3) upaya meningkatkan penyusunan perencanaan pengajaran. (4) upaya meningkatkan pengelolaan siswa. (5) upaya meningkatkan evaluasi pembelajaran. Faktor yang menjadi penghambat guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VA SDIT Salsabila 5 Purworejo adalah adanya latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, perbedaan antar individu yang meliputi pembawaan, bakat, minat, kecenderungan gaya belajar dan sebagainya. Adapun faktor pendukungnya adalah profesionalitas dan kompetensi guru, tingkat kecerdasan, kesiapan, kesehatan, kemauan peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, kebijakan pimpinan sekolah yang mendukung pelaksanaan program, serta partisipasi aktif orangtua dan masyarakat terhadap kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 10:07
Last Modified: 28 Jul 2015 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum