SHALAT SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ARY GINANJAR AGUSTIAN)

PRAHESTI SURANI, NIM. 10411084 (2015) SHALAT SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ARY GINANJAR AGUSTIAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SHALAT SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ARY GINANJAR AGUSTIAN))
10411084_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SHALAT SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ARY GINANJAR AGUSTIAN))
10411084_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)

Abstract

PRAHESTI SURANI. Shalat sebagai Pembangun Karakter Peserta Didik dan Relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Pemikiran Ary Ginanjar Agustian). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemerosotan moral yang dialami oleh peserta didik yang diakibatkan karena kurangnya keberhasilan dalam proses pembangunan karakter dalam diri peserta didik. Ary Ginanjar Agustian dalam bukunya yang berjudul The ESQ Way 165 memberikan penawaran cara atau solusi dalam proses pembangunan karakter. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pemikiran Ary Ginanjar Agustian tentang shalat sebagai pembangun karakter dan apa relevansi pemikiran Ary Ginanjar Agustian tentang shalat sebagai pembangun karakter peserta didik dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis pemikiran Ary Ginanjar Agustian tentang shalat sebagai pembangun karakter peserta didik dan hubungannya dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan. Objek material dalam penelitian ini adalah shalat sebagai pembangun karakter karya Ary Ginanjar Agustian dalam bukunya yang berjudul The ESQ Way 165. Objek formal penelitian ini menggunakan pendekatan history factual approach (pendekatan historis-faktual). Pendekatan ini dimaksudkan untuk menelaah pemikiran Ary Ginanjar Agustian tentang pembangunan karakter melalui karya-karyanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Peneliti juga menggunakan metode analisa isi (content analysis) dalam menganalisis data, digunakan untuk menafsirkan isi dan ide atau gagasan dari Ary Ginanjar Agustian mengenai konsep pembangunan karakter sehingga dapat ditemukan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil dalam penelitian ini adalah shalat menurut Ary Ginanjar Agustian adalah kunci dari pembangunan dan pelatihan prinsip, karena shalat bertujuan untuk membuka kembali sumber-sumber suara hati agar terus muncul untuk membimbing hidup seseorang. Orang yang mampu mendirikan shalat secara disiplin akan menghasilkan pribadi dengan integritas kuat. Integritas adalah sebuah kesungguhan, kejujuran dan komitmen. Selain itu menurut Ary, shalat adalah sarana untuk melatih kedisiplinan. Sumbangsih yang diberikan Ary Ginanjar dalam Pendidikan Agama Islam adalah dengan memberikan solusinya melalui kegiatan shalat yang dilakukan secara berulang-ulang karena kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang akan menciptakan kebiasaan (habit), dan kebiasaan rutin tersebut akan menghasilkan pengalaman yang berujung pada pembentukan nilai (value). Gerakan shalat sendiri mengandung nilai-nilai pembelajaran. Shalat yang dilakukan secara rutin dan berulang-ulang akan menciptakan gambaran yang sangat kuat dalam jiwa serta pikiran seseorang. Sehingga apabila peserta didik dapat melakukan shalat lima waktu secara tertib dan disiplin serta dengan penghayatan, maka akan tertanam jiwa positif yang akan menghasilkan karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 10:11
Last Modified: 28 Jul 2015 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum