ANALISIS PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK LINGUISTIC INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA

NUR LESTARININGSIH, NIM. 10410070 (2015) ANALISIS PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK LINGUISTIC INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK LINGUISTIC INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA)
10410070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK LINGUISTIC INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA)
10410070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR LESTARININGSIH, Analisis Penerapan Multiple Intelligences Aspek Linguistic Intelligence dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah rasa prihatin terhadap moral anak bangsa yang semakin menurun, serta kurangnya perhatian siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal itu terwujud dari sikap anak didik yang sering menyepelekan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang berlanjut pada kurangnya rasa hormat kepada guru atau pembimbing agama di sekolah. Metode pembelajaran yang menyenangkan dan menuntut peran aktiv siswa mampu untuk menarik minat dan semangat anak dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Linguistic intelligence, merupakan suatu aspek pembelajaran dari teori multiple intelligences yang diharapkan mampu untuk memberikan nuansa baru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pembelajaran berbasis linguistic intelligence dipilih dengan pertimbangan bahwa sumber Agama Islam yang pokok yakni berasal dari teks Al Qur‟an dan Hadis. Pendidikan Agama Islam tidak dapat terpisahkan dari tiga unsur penting dalam proses pembelajaran yang berupa kegiatan membaca, menulis, dan mendengarkan. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai pelaksanaan dan hambatan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan linguistic intelligence. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data kasar yang di dapat dari lapangan, lalu data tersebut disajikan, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan/ verivikasi berdasarkan pada analisis penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menggunakan strategi dan metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Listening Story, diskusi, presentasi, metode musik, metode visual, bermain mufrodat, penugasan, dan setoran hafalan siswa. Hasil yang penulis dapatkan berdasarkan pada wawancara dan juga pengamatan kegiatan di kelas, pembelajaran yang berlangsung belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria aspek linguistic intelligence, akan tetapi dari segi metode dan strategi yang digunakan, beberapa sudah mencakup pada strategi yang mencerminkan aspek linguistic intelligence. 2) Hambatan yang dialami kurangnya ketersediaan fasilitas berupa buku-buku referensi yang mengandung unsur ilmu keagamaan, latar belakang pendidikan siswa yang beraneka ragam, kurang maksimalnya kreatifitas guru dalam memunculkan inovasi strategi pembelajaran, dan juga kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Linguistic Intelligence, Pembelajaran PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:30
Last Modified: 28 Jul 2015 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum