MODEL PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO

ARIFIN NUR ROCHMAD, NIM. 10410031 (2015) MODEL PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO)
10410031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO)
10410031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Arifin Nur Rochmad. Model Pembelajaran Pendidikan Seks dalam Pembelajaran Fiqih di MTsN Bendosari Sukoharjo. Yogyakarta Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pendidikan seks merupakan salah satu pelajaran yang harus diberikan oleh keluarga dan sekolah kepada siswa-siswi MTs yang sedang mengalami masa pubertas. Pendidikan seks ini diberikan agar mereka terhindar dari penyimpangan perilaku seks yang marak terjadi sekarang. Di MTs Bendosari pendidikan seks terdapat dalam pelajaran fiqih, di mana ada beberapa materi fiqih yang berkaitan dengan pendidikan seks. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis serta untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran pendidikan seks yang terdapat dalam pembelajaran Fiqih di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan seks dalam pembelajaran Fiqih di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil sampel kelas VII, dan VIII di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-induktif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pendidikan seks dalam pembelajaran fiqih yang digunakan di kelas VII dan VIII MTs Negeri Bendosari Sukoharjo ada dua, yaitu: model pengajaran langsung (Direct Instruction) yang dilakukan pada kelas VII dan pembelajaran kooperatif dilakukan pada kelas VIII. 2) Faktor pendukung terlaksana pendidikan seks adanya dukungan dari seluruh komponen sekolah, sedangkan penghambat terlaksananya pendidikan seks kurangnya pengawasan orang tua ketika berada di lingkungan keluarga dan pengaruh lingkungan masyarakat yang buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model pembelajaran, Pendidikan seks.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:34
Last Modified: 28 Jul 2015 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum