IMPLEMENTASI STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

RINI PAMBUDI, NIM. 10410018 (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
10410018_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
10410018_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RINI PAMBUDI. Implementasi Strategi Group Investigation pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kalasan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.2015. Latar belakang penelitian ini adalah masih sedikit yang mengacu pada keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar itu sendiri sehingga peserta didik kurang belajar dan cenderung pasif yaitu peserta didik di kelas diam, mendengar dan mencatat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi model cooperative learning tipe group investigation dengan basis discovery learning, bagaimana hasil dari implementasi model cooperative learning tipe group investigation dengan basis discovery learning serta apa kendala dalam proses implementasi tersebut. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis hasil pelaksanaan model cooperative learning tipe group investigation dengan basis discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta. Pengunpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model cooperative learning tipe group investigation dengan basis discovery learning terdiri dari: pertama, melaksanakan pembelajaran efektif dan bermakna yang dimulai dengan perencanaan yakni pembuatan silabus dan RPP. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan basis discovery learning yang terdiri dari stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification dan generalization. (2) hasil penerapan model cooperative learning tipe group investigation dengan basis discovery learning dapat melatih ketelitian peserta didik, mengembangkan rasa ingin tahu, melatih peserta didik mengungkapkan pendapat, peserta didik dapat menghargai pendapat orang lain, serta mengembangkan kemampuan berbahasa secara baik dan benar. (3) Kendala yang dihadapi adalah sumber belajar yang terbatas, guru sering terlena dengan dengan kemudahan media pembelajaran, potensi peserta didik berbeda-beda dalam menerima pelajaran, ada beberapa peserta didik yang kurang aktif dan masih malu-malu dalam mengungkapkan pendapat, merancang pembelajaran guru dituntu menggunakan IT, alokasi waktu yang terbatas, materi pembelajaran yang kurang luas, serta penilaian yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M. Ag, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Discovery Learning, Group Investigation, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:39
Last Modified: 28 Jul 2015 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum