EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KABUPATEN BANYUMAS

UTI INAYATUN NIHLAH, NIM. 11480063 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KABUPATEN BANYUMAS)
11480063_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KABUPATEN BANYUMAS)
11480063_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Uti Inayatun Nihlah, “Efektivitas Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Kelas II di MI Muhammadiyah Karanglo Kabupaten Banyumas”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efektivitas penerapan model pembelajaran mind map terhadap nilai hasil belajar siswa kelas II MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada pelajaran IPA materi sumber energi jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab) serta untuk mengetahui tingkat keefektifannya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan bentuk Post-Test Only Control Design. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yang berupa model pembelajaran mind map dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MI Muhammadiyah Karanglo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar (posttest) di kelas eksperimen sebesar 77,61, sedangkan kelas kontrol 69,56. Dari uji normalitas dengan metode liliefors diperoleh nilai sig. 0,003 atau <0,05 sehingga data tidak berdistribusi untuk kelas eksperimen dan 0,104 atau >0,05 sehingga data berdistribusi normal untuk kelas kontrol. Uji homogenitas tidak dilakukan karena data kelas eksperimen berdistribusi tidak normal. Uji hipotesis dilakukan dengan uji non parametris teknik Mann-Whitney U-Test menggunakan SPSS 16.0 dan diperoleh nilai Asymp. Sig. sebesar 0,047 atau <0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari penghitungan effect size diperoleh hasil sebesar 0,60 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran mind map efektif terhadap hasil belajar pelajaran IPA materi sumber energi pada kelas II MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas dengan tingkat efektivitas sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, model pembelajaran mind map dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:12
Last Modified: 29 Jul 2015 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum