IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS IV C DI MIN JEJERAN BANTUL

LUKMAN FAJRI KUSUMO, NIM. 11480046 (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS IV C DI MIN JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS IV C DI MIN JEJERAN BANTUL)
11480046_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS IV C DI MIN JEJERAN BANTUL)
11480046_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LUKMAN FAJRI KUSUMO. Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Model Cooperative Learning Kelas IV C di MIN Jejeran Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan dan implementasi, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik model cooperative learning kelas IV C di MIN Jejeran Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guruguru MIN Jejeran sebagai bahan evaluasi sehubungan dengan diterapkannya Kurikulum 2013, sehingga dapat meraih hasil yang lebih maksimal. Penelitian di MIN Jejeran merupakan jenis penelitian lapangan (field researh) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi pembelajaran tematik model cooperative learning, wawancara secara semi-terstruktur, dan dokumentasi pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, triangulasi data dalam bentuk teks naratif, dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian adalah mendiskripsikan pengembangan dan implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik model cooperative learning, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik model cooperative learning kelas IV C di MIN Jejeran. Pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik dikembangkan melalui perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan madrasah (rutin). Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik model cooperative learning kelas IV C diperoleh 9 karakter dengan intensitas tinggi dari karakter yang ditawarkan Kemendikbud dapat diimplementasikan. Faktor pendukung dalam implementasi ini, terdiri dari guru melalui keteladanan dan strategi pembelajaran, kemudian kurikulum melalui pembelajaran tematik dan antusiasme peserta didik, dan madrasah melalui kegiatan dan fasilitas yang ada. Faktor yang menghambat implementasi ini antara lain: lingkungan masyarakat, peserta didik, serta waktu dan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Karakter, Pembelajaran Tematik, dan Cooperative Learning.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:23
Last Modified: 29 Jul 2015 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum