PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN PAJANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

NUR CAHYANI, NIM. 11480036 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN PAJANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN PAJANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (38MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN PAJANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nur Cahyani, “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN Pajangan Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dalam pembelajaran matematika, faktor intern khususnya kecerdasan emosional sangat mempengaruhi prestasi belajarnya. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang kecerdasan emosionalnya belum berkembang dengan baik atau dapat dikatakan siswa kurang cerdas secara emosi. Sedangkan dari faktor ekstern, khususnya pemberian tugas juga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini tentu sangat lumrah dikarena pelajaran matematika identik dengan latihan-latihan soal. Sehingga jika siswa tidak aktif dalam pengerjaan tugas yang diberikan oleh guru, maka prestasi belajarnya akan rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Pajangan tahun ajaran 2014/2015, 2) bagaimana pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Pajangan tahun ajaran 2014/2015, dan 3) bagaimana pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan pemberian tugas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Pajangan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini responden berjumlah 28 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas data, uji homogenitas, uji multikolinearitas, dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regtesi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar matematika dengan ditunjukkan rx1y = 0,657, r2 x1y = 0,431, thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% ( 4,441 > 2,056 ), dan diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 65,249 + 0,214 X1. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika dengan ditunjukkan rx2y = 0,612, rx2y 2 = 0,374, thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% ( 3,944 > 2,056 ), dan diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 64,394 + 0,612X2. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional (EQ) dan pemberian tugas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika, dengan ditunjukkan Rx1,2y = 0,717 dan Rx(1,2)y 2 = 0,515, harga Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 13,259 > 3,38, dan diperoleh persamaan regresi ganda Y = 60,767+ 0,149 X1 + 0,113X2. Besarnya sumbangan relatif variabel kecerdasan emosional (EQ) 58,2%, variabel pemberian tugas 41,8%. Besarnya sumbangan efektif variabel kecerdasan emosional (EQ) 30,0%, dan 21,5% untuk variabel pemberian tugas. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maemunah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosioanl (EQ), Pemberian Tugas, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:30
Last Modified: 29 Jul 2015 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum